oleh

Ketua TP PKK Tanggamus Ikuti Pembinaan Pemenuhan Hak Anak dan Perempuan

Kotaagung (Netizenku.com): Ketua TP PKK Tanggamus mengikuti Pembinaan Pemenuhan Hak Anak dan Perempuan dari Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, secara virtual meeting, dari Ruang Rapat Utama Sekretariat Daerah Kabupaten, Jumat (3/9).

Kegiatan tersebut diikuti juga oleh jajaran TP PKK kabupaten/kota seProvinsi Lampung. Sementara di Kabupaten Tanggamus diikuti oleh Ketua TP PKK Tanggamus, Hj. Sri Nilawati Syafi’i didampingi Wakil Ketua TP PKK Ny. Nur’aini Hamid Lubis serta jajaran pengurus TP PKK Kabupaten.

Dalam pengarahannya, Riana Sari Arinal menyampaikan bahwa pada saat ini kita semua masih berjuang melawan pandemi Covid-19, yang telah membawa dampak luar biasa bagi kehidupan seluruh umat manusia, salah satunya adalah meningkatnya angka kekerasan kepada perempuan dan anak.

Riana menerangkan, sampai dengan akhir Agustus 2021, berdasarkan data dari Dinas PPPA Provinsi Lampung, tercatat 307 kasus telah terjadi di Provinsi Lampung, yang sebagian besar korbannya adalah anak dan terjadi di dalam rumah tangga dan dilakukan orang terdekat korban.

Baca Juga  Riuh Pendukung Warnai Pengundian Paslon Tanggamus

“Hal ini diperburuk karena pandemi yang diakibatkan faktor ekonomi, yaitu terbatasnya ruang rumah untuk melakukan aktifitas, pembelajaran secara daring, serta pengaruh penggunaan gadget yang tidak terkendali. Untuk itu Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah, memprioritaskan pola asuh anak dan remaja sebagai elemen penting dalam membentuk pertahanan keluarga, untuk mewujudkan anak-anak penerus bangsa yang berkualitas,” terangnya.

Riana juga mengingatkan kepada Bunda PAUD untuk mewujudkan PAUD Holistik Terintegrasi, yang terintegrasi dengan layanan gizi, kesehatan dan perlindungan anak. Termasuk kepada Bunda Literasi untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat dan menjadikan perpustakaan tidak hanya tempat membaca buku, tetapi juga pusat kegiatan masyarakat.

Baca Juga  Kasat Lantas Tanggamus Undang Perwakilan Jurnalis

“Saya mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan setiap aktipitas dan menerapkan 5 M selalu dimana pun kita berada, semoga wabah covid 19 ni segera berahir dan kehidupan kita bisa kembali normal seperti biasa nya.
Dalam kegiatan hari ini kami juga memberikan bantuan alat permainan edukatif bagi paud serta buku bacaan kepada perpustakaan atau pojok baca desa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Riana memberikan bantuan berupa alat permainan edukatif bagi PAUD dan buku bacaan kepada perpustakaan dan pojok baca di pekon.

“Jadi harapannya untuk bantuan ini, nantinya memberikan support untuk mereka yang terkena kekerasan terhadap perempuan, dan untuk PAUD yang sebelumnya belum pernah mendapatkan bantuan sekarang dapat merasakannya. Selain itu juga ada bantuan berupa pojok baca dan APE. Bantuan pojok baca ini nanti akan kita tindak lanjuti melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten, bahwa nanti di setiap PAUD kita akan adakan pojok baca, sehingga ibu-ibunya sambil menuggu anak-anaknya mengikuti pelajaran mereka, ibunya sambil membaca yang bermanfaat, agar tidak jenuh dalam menunggu anak anak mereka belajar,” jelasnya.

Baca Juga  RAPI Lokal II Kotaagung Buka Bersama dan Bagi Takjil

Sementara Sri Nilawati Syafi’i dalam penyampaiannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Provinsi Lampung, atas arahan dan bantuan yang diberikan. Ia juga menyatakan siap untuk melaksanakan dan mendukung apa yang menjadi program TP PKK Provinsi Lampung kedepannya.

“Tentunya kami siap melaksanakan dan mendukung program TP PKK Provinsi kedepan. Kami bersama Darma Wanita, GOW, Dekranasda, bersama-sama terus berjalan mensosialiasikan kepada masyarakat agar mereka tetap melakukan protokol kesehatan dan alhamdulillah hasilnya hari ini Kabupaten Tanggamus sudah menjadi zona kuning dan mudah-mudahan nanti menjadi zona hijau,” ujar Sri Nilawati. (Arj/len)

Komentar