oleh

Kerap Banjir, Sungai Way Lunik Dinormalisasi

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemerintah Kota Bandarlampung bersama BBWS Mesuji Sekampung, melakukan pengerukan sungai di Kelurahan Way Lunik, Kecamatan Panjang, Jumat (10/1).

Aktivitas ini merupakan bentuk upaya dalam mengantisipasi banjir yang kerap terjadi di daerah tersebut.

\”Kegiatan ini berkat kesepakatan yang terjalin antara BBWS Mesuji Sekampung dengan pemda setempat untuk meminimalisir banjir di kelurahan Way Lunik,\” kata Camat Panjang, Bramatio.

Baca Juga  Merasa Diperbudak, Driver Grab Unjuk Rasa

Ia mengatakan bahwa aktivitas pengerukan ini, mendapatkan bantuan satu unit alat berat eksavator BBWS Mesuji. Sementara pemkot dalam hal ini menyedikan bahan bakar dan armada pengangkut material sedimen.

\”Kegiatan ini sudah berjalan dua hari dengan ini, kemarin kita mengangkat material sedimen sebanyak 50 truk dengan panjang yang di sungai dikeruk sepanjang 40 meter,\” kata dia.

Baca Juga  Sukseskan Sensus Online, Walikota Kerahkan Lurah dan RT

Rencananya untuk memaksimalkan pengerukan BBWS Mesuji bakal menurunkan satu unit alat berat eksavator. Sebab pengerukan dilakukan dari hulu hingga hilir, yang mencapai panjang 2 kilometer dengan ke dalaman sekitar 1,5 meter.

\”Selain pengerukan sungai, BBWS juga sedang melakukan pengecakkan lokasi DAM di hulu,\” ungkapnya.

Bila lokasi sudah cocok, lanjutnya, BBWS akan membuat DAM untuk membendung material sedimen dari atas agar tidak terbawa ke sungai Way Lunik bersama air.

Baca Juga  Pemkot Bandarlampung Revitalisasi Pasar, Lebih Modern dan Rapi

\”Jadi bila DAM itu dapat terealisasi pengerukan material sedimen dapat dilakukan di hulu dan ke dalaman sungai dapat terjaga lebih lama,\” kata dia.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir banjir yang telah puluhan tahun terjadi di Kelurahan Way Lunik. (Adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *