oleh

Kadiskes Pesawaran Jadi Anggota Mabicab

Pesawaran (Netizenku.com): Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Ir. Harun Tridjoko, M.Kes, selaku anggota Mabicab Gerakan Pramuka Pesawaran, dilantik oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran, Aria Guna, S.Sos.I., M.M., sebagai Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Pramuka Bakti Husada di Aula Enam Saudara Gedongtataan, Senin (14/5) yang dihadiri oleh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran, Pimpinan Kwarcab, Kwartir Ranting dan Pramuka Penegak Pandega anggota Saka Bakti Husada.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembacaan surat keputusan Kwarcab Pesawaran No. 016 tahun 2018 tentang Pengurus Mabisaka dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Tingkat Cabang Pesawaran dan pengucapan Trisatya.

Kegiatan pelantikan ditandai dengan penyematan tanda jabatan secara simbolis oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran, Aria Guna, S.Sos.I., M.M., kepada Ketua Mabisaka Pramuka Bakti Husada Ir, Harun Tridjoko, M.Kes  dan Ketua Pinsaka Pramuka Bakti Husada, Emilyana, SKM,

Baca Juga  Sunyoto Bantah PNS Pesawaran Kedapatan Pesta Sabu

Dalam petikan sambutannya, Ka. Kwarcab Pesawaran mengajak para pimpinan Saka Bakti Husada dalam pembinaan kaum remaja khususnya Saka Bakti Husada agar memahami isi dari Satya Pramuka dan Darma Pramuka, agar dapat mengimplemantasikan diri sendiri dan kepada masyarakat.

\”Saka Bakti Husada,memiliki 35 kecakapan khusus yang terhimpun ke dalam 6 (enam) krida yaitu krida Bina Keluarga Sehat, Bina Lingkungan Sehat, Bina Gizi, Bina Obat, Penanggulangan Penyakit dan Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,\” katanya.

Baca Juga  Pesawaran Gelar Selekda Atlit Volly

Aria Guna yang juga Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Pesawaran ini menjelaskan, keberadaan Saka Bakti Husada ini merupakan suatu modal dasar bagi peningkatan keterampilan generasi muda khususnya anggota Pramuka. \”Saya tekankan agar unit kerja di lingkungan Dinas Kesehatan hendaknya selalu mengikutsertakan Gerakan Pramuka dalam setiap kegiatan yang berbasis masyarakat, serta mengalokasikan sumberdaya untuk meningkatkan dan memajukan Saka Bakti Husada,\” himbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Ir. Harun Tridjoko, M.Kes, selaku anggota Mabicab Gerakan Pramuka Pesawaran, memberikan penjelasan bahwa Saka Bakti Husada memiliki kegiatan dalam bentuk krida bidang kesehatan, yang mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum muda, khususnya anggota Saka Bakti Husada, sehingga mereka mampu bersikap dan berperilaku hidup sehat, menjadi contoh  teman sebaya, keluarga dan masyarakat di lingkungannya, serta mau dan mampu menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga  5K Pesawaran Beach Fun Run Dongkrak Kunjungan Wisatawan

\”Dalam jangka panjang, krida bidang kesehatan akan turut meningkatkan jangkauan dan cakupan  layanan kesehatan, utamanya upaya kesehatan masyarakat (UKM), seperti: pembudayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pentingnya imunisasi, pencegahan HIV AIDS, TB-Paru, dan Malaria, serta pengendalian vektor penyakit,\” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Harun menyatakan bahwa pramuka memiliki potensi besar untuk turut memajukan pembangunan kesehatan masyarakat di bumi Andan jejama. \”Anggota pramuka Pesawaran, hendaknya didayagunakan sebagai agent of change di kalangan kaum muda,\” ucapnya. (Soheh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *