Kabupaten Tanggamus Gelar Musrenbang Tahun 2018

Avatar

Selasa, 13 Maret 2018 - 20:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gubernur Lampung Didik Suprayitno memukul gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang Tingkat Kabupaten Tanggamus tahun 2018.

Gubernur Lampung Didik Suprayitno memukul gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang Tingkat Kabupaten Tanggamus tahun 2018.

Kotaagung (Netizenku): Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tanggamus resmi dibuka, Selasa (13/3). Kegiatan yang berlangsung di Aula Islamic Center Kotaagung itu secara resmi dibuka oleh Pjs Gubernur Lampung, Didik Suprayitno, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Pjs Gubernur Lampung, Didik Suprayitno,  dalam arahannya memuji pelaksanaan Musrenbang tahun 2018 Kabupaten Tanggamus yang dinilainya merupakan Musrenbang tercepat kedua se- Provinsi Lampung.

\"\"

\”Saya mengucapkan selamat sekaligus bangga karena Musrenbang RKPD Kabupaten Tanggamus merupakan kedua yang tercepat di Provinsi Lampung. Hal ini membuktikan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tangamus untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam rangkaian proses perencanaandengan menjaring seluruh aspirasi dan keinginan masyarakat,\” kata Didik.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Meskipun Musrenbang selalu dilaksanakan setiap tahun, namun gubernur berharap kegiatan ini tidak terjebak pada rutinitas semata, sehingga hanya sekadar memenuhi kewajiban melaksanakan rangkaian proses perencanaan. \”Akan tetapi kita harus mampu memanfaatkan momentum ini benar-benar untuk mendengarkan kebutuhan masyarakat dan seluruh stakeholder pembangunan sehingga akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat,\” ujar Didik.

Baca Juga  Kostiana Gelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Ditengah Masyarakat
\"\"

Dalam kesempatan tersebut, Didik juga mengingatkan kepada kabupaten/kota di Provinsi Lampung untuk memantapkan kembali cara pandang (mindset) bersama, bahwa untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari pemerintah kabupaten/kota, hingga kecamatan, pekon/kelurahan.

Dilanjutkan Didik, bahwa Pemprov Lampung memahami keterbatasan-keterbatasan yang ada, termasuk di dalamnya kemampuan keuangan daerah, keterbatasan sumberdaya, kondisi sosial masyarakat dan sebagainya. \”Oleh karenanya, perlu upaya menempatkan pembiayaan APBD dalam skala prioritas, serta melibatkan partisipasi seluruh elemen,\” kata dia.

Sementara itu, Pj Bupati Tanggamus, Ir. Zainal Abidin, M.T., dalam sambutannya mengatakan, jika Musrenbang merupakan suatu rangkaian perencanaan yang mana produknya nanti adalah rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) yang merupakan penjabaran rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), rencana strategis (Renstra) RPJMD Provinsi Lampung hingga 9 agenda prioritas pembangunan nasional atau nawacita.

Baca Juga  DPRD Tanggamus Terima Laporan Kerja Pertanggungjawaban APBD 2020

\”APBD di Tanggamus ini tidak banyak pendapatan hanya Rp1,635 triliun begitu juga dengan belanja Rp1, 635 triliun, tentunya dengan anggaran segitu masih kurang sebab daerah banyak kebutuhan. Untuk mengatasi kekurangan anggaran itu diperlukan sinergi antara pemkab dengan pemprov dan pusat,\” ujar Zainal.

Terpisah, Kepala Bappeda Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega, S. T, M. M,  mengatakan, Musrenbang digelar dari tanggal 13-15 Maret. Musrenbang tahun ini, memiliki inovasi berbeda dari tahun sebelumnya, dimana selain dilakukan kegiatan inti dalam perencanaan pembangunan dengan melibatkan stakeholder, kegiatan juga dikemas lebih menarik, seperti Musrenbang Expo yang diikuti dari 15 SKPD, lomba solo song, pemberian Tanggamus award dan pemilihan putri otonom.

Baca Juga  Ratusan Personel Polres Terima Sosialisasi SP Online
\"\"

\”Kami senang atas kehadiran bapak gubernur beserta rombongan, ini peristiwa langka sebab sepanjang Tanggamus berdiri baru ini dihadiri gubernur Lampung. Tanggamus juga selama dua tahun berturut-turut mendapat juara II Pangripta diajang Musrenbang tingkat Provinsi Lampung, mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Pj Bupati Zainal Abidin, Tanggamus bisa meraih juara I,\” kata Hendra.

Hendra mengakui, bahwa sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus tahun 2018 yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan berbagai aspirasi masyarakat. \”Hasil dari Musrenbang kabupaten ini akan dibawa ke Musrenbang tingkat Provinsi dan Nasional,\” pungkasnya. (ADV)

 

Berita Terkait

Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Apresiasi Langkah Efisiensi Anggaran Pj Bupati
Pemkab Tanggamus Apel Perdana Pasca Libur Lebaran
Ketua IPNU Tanggamus: Pemuda Harus Dapat Memilih Pemimpin yang Tepat
Meriahkan HBP ke-60 Tahun, Lapas Kotaagung Bagikan Takjil
Kemenkumhan Gelar Apel Siaga Pengamanan Hari Raya seluruh Lapas
DPRD Tanggamus Paripurna LKPj Bupati Tahun 2023
Dinkes Tanggamus Gelar Baksos Operasi Bibir Sumbing di RS Batin Mangunang
Upacara HUT Ke-27 Tanggamus, Puncak Apresiasi dan Momentum Bersejarah

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 20:05 WIB

Disnaker Lampung Bakal Turunkan Tim Pengawas dan Mediator untuk Selesaikan Permasalahan THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:59 WIB

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:49 WIB

Realisasi penyaluran KUR Peternakan Lampung Capai Rp1,51 triliun

Kamis, 18 April 2024 - 21:58 WIB

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan

Kamis, 18 April 2024 - 20:42 WIB

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

Kamis, 18 April 2024 - 19:49 WIB

DPD PDI Perjuangan Santai Tanggapi Rumor Umar Ahmad-Edi Irawan

Kamis, 18 April 2024 - 13:38 WIB

Lampung Memperkaya Kalender Pariwisata dengan 90 Kegiatan Tahun 2024

Kamis, 18 April 2024 - 12:42 WIB

6 Trayek Baru Angkutan Perintis Lampung Diajukan

Berita Terbaru

Ilustrasi THR. Foto: Ist.

Lampung

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 Apr 2024 - 19:59 WIB