BERBAGI
Itera Terima Bantuan 1.000 RDT Covid-19
Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD (kiri) menerima bantuan sebanyak 1.000 unit RDT Covid-19 dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat di Kampus Itera, Rabu (19/8). Foto: Netizenku.com

Lampung Selatan (Netizenku.com): Institut Teknologi Sumatera (Itera) menerima bantuan sebanyak 1.000 unit rapid test (RDT) Covid-19 dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pusat, di bawah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD di Kampus Itera, Rabu (19/8).

Secara simbolis, Prof Ofyar menyerahkan bantuan tersebut kepada Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru Itera, yang diwakili Ketua Harian Dr Syaikhul Aziz SFar MSi untuk selanjutnya dimanfaatkan dalam rangka pencegahan Covid-19 di lingkungan kampus.

Prof Ofyar menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang telah memberikan bantuan tersebut.

“Kami akan memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik mungkin dalam rangka melakukan pencegahan Covid-19 bagi seluruh sivitas akademika Itera. Apalagi dalam waktu dekat kampus juga akan memulai perkualiahan, sehingga bantuan ini akan sangat bermanfaat,” ujar Prof Ofyar.

Alat RDT akan digunakan untuk membantu mahasiswa Itera yang kurang mampu, yang diwajibkan menjalani tes korona.

Mahasiswa kurang mampu ini ditetapkan berdasarkan golongan uang kuliah tunggal (UKT).

Ketua Harian Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru Itera Dr Syaikhul Aziz menjelaskan bantuan unit RDT Covid-19 yang diterima Itera dari BNPB adalah jenis RDT antigen.

RDT antigen dinilai lebih efektif dibanding antibodi yang mengguakan sampel tes darah.

RDT antigen dilakukan dengan mengambil sampel cairan yang ada di lubang hidung seseorang, dan menjadi langkah diagnosa awal, apakah seseorang terinfeksi Covid-19 lewat keberadaan antigen atau virusnya.

Untuk teknis pemanfaatan RDT tersebut, pihak kampus bekerjasama dengan tenaga medis yang akan melakukan tes. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here