BERBAGI
Itera Rekrut Wisudawan Terbaik Jadi Calon Dosen
Wisudawan Terbaik II Nadiisah Nurul Inayah (kiri) (Prodi Fisika) dengan IPK 3,69 dan Wisudawan Terbaik III Izhar Syafawi (kanan) (Prodi Teknik Geofisika) dengan IPK 3,67. Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Institut Teknologi Sumatera (Itera) memberdayakan wisudawan dengan predikat terbaik.

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD mengatakan wisudawan terbaik akan disekolahkan hingga S2 dan S3 untuk direkrut menjadi calon dosen atau menjadi ASN akademik.

Pada 2019 lalu, Itera merekrut 20 wisudawan terbaik, dan di 2020 Itera menargetkan 25 calon dosen, namun baru terisi 19 orang.

“Kami mengganggap calon dosen yang vertikal rekrutmen, kami asumsikan, punya loyalitas yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan horizontal rekrutmen dari universitas yang lain. Ini kami usahakan juga sekolah hingga S2 dan S3,” kata Prof Ofyar usai melangsungkan Sidang Terbuka Wisuda Daring Mahasiswa Periode Ke-6 Tahun 2020 di Gedung Kuliah Umum kampus setempat, Jumat (2/10).

“Ada 19 orang yang akan kita berangkatkan pada Agustus 2021 (disekolahkan) hingga 3-4 semester, begitu pulang kita masukkan langsung menjadi dosen karena syarat dosen itu harus S2 kan. Setelah jadi dosen kita siapkan untuk segera mengambil S3,” ujar dia.

Siang tadi, Prof Ofyar mengukuhkan 345 wisudawan yang terdiri dari Program Studi Perancangan Wilayah dan Kota sebanyak 48 orang, Teknik Geomatika 47 orang, Arsitektur 69 orang, Teknik Sipil 32 orang, Teknik Lingkungan 2 orang, Teknik Informatika 15 orang, Teknik Elektro 35 orang, Fisika 34 orang, Teknik Geofisika 62 orang, dan Teknik Geologi 1 orang.

Dia juga memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik Itera yang diraih oleh Chania Rahmah MR (Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota) dengan IPK 3,84 sebagai Wisudawan Terbaik I, Nadiisah Nurul Inayah (Prodi Fisika) dengan IPK 3,69 sebagai Wisudawan Terbaik II, dan Izhar Syafawi (Prodi Teknik Geofisika) dengan IPK 3,67 sebagai Wisudawan Terbaik III.

Wisudawan Terbaik II Nadiisah Nurul Inayah, mahasiswa penerima beasiswa bidik misi asal Kota Metro mengaku bangga dengan predikat terbaik yang diraih.

“Rasanya usaha yang saya lakukan selama kuliah 4 tahun, terbayar dengan predikat yang saya terima hari ini,” kata Nurul.

“Ke depannya, saya akan melanjutkan studi S2, saya masih pikir-pikir universitas mana yang akan saya tuju, intinya saya akan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi,” lanjut dia. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here