BERBAGI
Itera Anugerahkan Adi Karsa Utama untuk Menhub Budi Karya
Foto: Dokumentasi

Bandarlampung (Netizenku.com): Menteri Perhubungan RI, Ir Budi Karya Sumadi, menerima penghargaan Institut Teknologi Sumatera (Itera) Adi Karsa Utama. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD IPU, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr-Ing Mitra Djamal, di Kantor Kemenhub RI, Jakarta, Senin (30/11).

Penghargaan kepada Menhub sebelumnya telah diumumkan dalam Sidang Terbuka Dies Natalis Ke-6 Itera pada 6 Oktober 2020, yang dilaksanakan secara dalam jaringan.

Menhub RI, Ir Budi Karya Sumardi dianugerahi penghargaan atas jasa dan kontribusi yang luar biasa dalam percepatan pembangunan kampus Itera, khususnya dalam penyediaan transportasi publik untuk sivitas akademika Itera.

Sebelumnya Kemenhub RI melalui Dirjen Perhubungan Darat memberikan bantuan 10 unit bus yang saat ini dikembangkan sebagai Smart BRT Itera.

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas dukungan Kemenhub RI kepada Itera selama ini.

Ofyar juga menyebut, bus bantuan dari Kemenhub telah dioperasionalkan sebagai moda transportasi publik bagi mahasiswa, dan sivitas akademika Itera serta masyarakat yang dilalui jalur Smart BRT Itera.

Smart BRT Itera dalam pengembangannya akan dilengkapi dengan aplikasi GPS bagi pengguna, serta dapat memanfaatkan pembayaran dengan uang elektronik (e-money).

Dalam kesempatan yang sama, Rektor juga menyampaikan bahwa Itera didirikan pemerintah sebagai institut teknologi yang diharapkan menjadi center of excellence atau pusat unggulan di Sumatera. Hingga saat ini jumlah mahasiswa aktif Itera telah mencapai 12.387 orang yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

“Terima kasih atas dukungan Bapak Menteri selama ini, sebagai perguruan tinggi baru, Itera terus melakukan percepatan pembangunan. Atas kontribusi Kementerian Perhubungan untuk itu kami menyampaikan penghargaan Itera Adi Karsa Utama,” ujar Ofyar.

Sementara Menhub RI Ir Budi Karya Sumardi, menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Itera.

“Saya mengapresiasi penghargaan dari Itera, semoga BRT yang kami berikan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung mobilitas para civitas akademika Itera,” kata Budi Karya.

Budi Karya Sumardi berharap bus bantuan Kemenhub dapat dikembangkan menjadi Smart BRT agar transportasi bus semakin aman, selamat dan nyaman dan semakin diminati masyarakat. Menhub juga menyatakan dukungan terhadap percepatan pengembangan yang dilakukan Itera, dan berharap Itera dapat menjadi salah satu kampus terbaik di Sumatera dan nasional. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here