Hindari Cicilan BRI, MR Buat Laporan Palsu Jadi Korban Curas

Leni Marlina

Minggu, 23 Juni 2024 - 13:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pesawaran (Netizenku.com): Hindari cicilan kredit dari Bank Rakyat Indonesia (BRI), MR (33) warga Desa Rowo Rejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, nekat memberikan laporan palsu ke pihak Polisi menjadi korban Curas.

Akibat aksinya ini, pelaku dibekuk Unit Reskrim Tim Tekab 308 Presisi Polsek Gedongtataan, Polres Pesawaran, Sabtu (22/6/2024) pagi.

Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, diwakili Kapolsek Gedongtataan, Kompol Mulyadi Yaqub, menceritakan kronologis penangkapan tersangka MR ini bermula saat ia datang Ke Polsek setempat untuk melaporkan bahwa dirinya telah menjadi korban Curas. Namun, setelah ditelusuri laporan yang dibuat itu palsu.

“Kejadian laporan palsu itu bermula pada hari Rabu Tanggal 22 Mei 2024, sekira pukul19.00 WIB di Desa Grujugan Baru, Negeri Katon ada laporan telah terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan, yang dilakukan oleh tiga orang laki-laki yang tidak diketahui identitasnya, dengan cara pada saat korban RM sedang mengendarai sepada motor miliknya, korban diberhentikan oleh pengendara mobil Toyota Rush warna hitam,” ungkap Kapolsek.

Baca Juga  Operasi Patuh Krakatau, Kapolda Tekankan Giat Edukatif dan Persuasif

Lalu setelah Korban RM berhenti, jelas Kapolsek, kemudian dua orang penumpang Toyota Rush menghampiri korban dan menayakan jalan ke arah Kalirejo Lampung Tengah, kemudian salah satu dari penumpang langsung memukul tengkuk korban dan korban sempat tak sadarkan diri.

Setelah beberapa jam kemudian, sekira pukul 19.30 WIB, korban ditemukan oleh warga sekitar tergeletak tepat di pinggir Jalan Dusun Rowosari, Desa Sidomulyo, Kecamatan Negerikaton dalam keadaan tangan terikat dan mulut dilakban, dan uang tunai milik korban sebanyak Rp500.000 serta HP merk OPPO warna biru hilang diambil oleh pelaku.

Baca Juga  Cabuli Bocah 6 Tahun, Bujang Asal Padang Cermin Diamankan

“Mendapat laporan tersebut, Tim Tekab 308 Presisi Polsek Gedongtataan bergegas menuju ke TKP, dan melaksanakan penyelidikan. Setelah mendapat keterangan dari saksi, bahwa HP tersebut telah di jual oleh RM di sebuah Counter HP, kemudian personel Polsek Gedongtataan menerima laporan dari pemilik counter, bahwa benar HP tersebut telah dijual oleh RM, dan terungkapnya peristiwa tindak pidana laporan keterangan palsu yang dibuat oleh pelaku, yang sempat menjadi korban Curas,” jelas Kapolsek.

Baca Juga  Kesadaran Wajib Pajak Sektor Parkir di Pesawaran Masih Minim

Setelah mendapatkan fakta-fakta lanjut Kapolsek, pada Sabtu (22/6/2024), tim Tekab 308 presisi Polsek Gedongtataan, mendapat informasi keberadaan terduga pelaku, sedang berada di rumahnya di Desa Roworejo, polisi kemudian bergwrak cepat meringkus pelaku.

“Saat ini pelaku dan barang bukti 1 unit HP merk OPPO A16e warna biru berhasil diamankan Polsek Gedongtataan Polres Pesawaran, guna dimintai keterangan lebih lanjut dan atas perbuatannya, pelaku dikenakan sanksi Pasal 242 KUHPidana tentang Sumpah Palsu dan Keterangan Palsu. Diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun,” tegas Kapolsek. (Soheh)

Berita Terkait

Mualim Taher Kritik Keras Caleg Arogan
Kasus Penganiayaan Muslim Memasuki Babak Baru
Kolaborasi Pesawaran-Kemkominfo akan Gelar Literasi Digital
Disbunak Pesawaran Akan Bantu Bibit Coklat di Lahan 1000 Hektar
Wildan: Isi Al Quran Sebaiknya Jangan Hanya Sekedar Dibaca
KPU Pesawaran Minta Eko Selesaikan Kasus Pemukulan Operator Sound System
Sudah Mengaku Salah, Proses Hukum Penganiayaan Oknum Caleg Tetap Berlanjut
Remaja Pelaku Pencabulan Sesama Jenis Diringkus Polres Pesawaran

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:22 WIB

Tradisi Seharga Nyawa

Selasa, 9 Juli 2024 - 17:14 WIB

Tukang Fotokopi Pun Tahu Itu

Minggu, 7 Juli 2024 - 16:12 WIB

Jiwa Binatangnya Tertinggal

Minggu, 7 Juli 2024 - 10:50 WIB

Kala Timnas Pusat Singkirkan Saudara Muslim

Selasa, 2 Juli 2024 - 18:36 WIB

Masih Belum Puas Dijajah Selama 350 Tahun?

Minggu, 30 Juni 2024 - 15:21 WIB

Jurnalisme di Persimpangan

Berita Terbaru

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Senin, 15 Juli 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 02:48 WIB

Politik

Koalisi Partai Non Parlemen Tubaba Resmi Dukung NONA

Minggu, 14 Jul 2024 - 19:11 WIB

Sekretaris Disdkbud Lampung, Tommy Efra Hamdarta. (Foto: Ist)

Lampung

Disdik Lampung Klaim Tidak Ditemukan Kecurangan Saat PPDB

Minggu, 14 Jul 2024 - 17:06 WIB

Polres Lamteng meningkatkan kegiatan preventif seperti Patroli KRYD di lokasi yang dianggap rawan aksi kriminalitas, Minggu (14/7/2024). (Asep/NK)

Lampung Tengah

Cegah Kejahatan Jalanan, Patroli KRYD Polres Lamteng Ditingkatkan

Minggu, 14 Jul 2024 - 16:49 WIB