oleh

Gali Potensi Wisata, Tubaba Akan Bangun Jalur Kereta Api

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Guna terus menggali potensi dan pemanfaatan ikon-ikon wisata di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Pemkab setempat berencana membangun jalur Kereta Api wisata sepanjang 6 kilometer.

Rencana pembangunan ini diperkuat dengan hasil pertemuan Bupati Tubaba, Umar Ahmad, Kepala Dishub Marwan Aziz, Kepala PUPR Iwan Mursalin, Kepala Bappeda Novriwan Jaya dengan Direktur Jenderal Perkeretaapian Ir. Zulfikri., MSc.,DEA beserta Sekretaris Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulmafendi, SE, M.Sc di Gedung Kementrian Perhubungan, Dirjen Perkeretaapian, Jumat (28/6).

Kepala Dinas Perhubungan, Marwan Aziz mengatakan Pemerintah Kabupaten Tubaba dalam waktu dekat akan segera membangun jalur Kereta api wisata, hal itu setelah Pemkab audensi dengan direktur Jenderal Perkeretaapian

Baca Juga  BPPRD Tubaba Maksimalkan Pelayanan dan Data Ulang Penerimaan Pajak

\” Ya, kita kemarin (Jumat) Tim Pemkab Tubaba dipimpin Bupati Tubaba telah beraudiensi ke Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan guna membahas rencana pembangunan jalur Kereta Api Wisata, yang kita rencanakan dimulai pada 2020 mendatang,\” jelas Marwan melalu sambungan ponselnya, Sabtu (29/6).

Marwan menjelaskan, rencana pembangunan jalur kereta api tersebut akan dimulai dari Kawasan komplek Islamic Center, Rawakebo Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah sampai dengan Tiyuh Kagungan Ratu Kecamatan Tulangbawang Udik. Jalur tersebut nantinya akan melintasi jalur Irigasi Pengairan dengan panjang 6 kilometer. Pembangunan ini harus tetap berpedoman kepada Undang Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Baca Juga  Dua Pelaku Cabul Anak di Bawah Umur di Tubaba, Dibekuk

\”Banyak masukan, arahan yang kita peroleh dari Dirjen Perkeretaapian, dan mereka mensupport dan sangat mendukung,\” terangnya.

Sebelum membangun konstruksi jalur Kereta Api, Pemkab Tubaba terlebih dahulu mempersiapkan beberapa study, diataranya Study Kelayakan, Study Penetapan Trase, Detail Engineering Design (DED) dan lainnya.

\”Apabila study telah selesai, maka selanjutnya tahapan yang akan dilakukan yaitu pengadaan Rel beserta Komponennya yang dalam hal ini akan dilakukan skema pelimpahan aset hibah dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba,\” paparnya.

Baca Juga  Tubaba Masuk Dalam 8 Wilayah Potensi Kekeringan

Sedangkan untuk poin pengadaaan dan pembebasan lahan, serta realisasi pembangunan konstruksi jalur Kereta Api nantinya direncanakan akan dilaksanakan oleh Pemkab Tubaba sendiri setelah menyelesaikan tahapannya. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *