FMPB Tuding Bawaslu Pesawaran Masuk Angin

Leni Marlina

Rabu, 22 November 2023 - 09:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pesawaran (Netizenku.com): Forum Masyarakat Pesawaran Bersatu (FMPB) tuding Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten setempat masuk angin. Ini terkait adanya pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu partai peserta Pemilu 2024, dengan melibatkan ASN Kecamatan Padang Cermin, namun tidak diproses malah ada kesan melakukan pembiaran.

“Sengaja kita hari ini mendatangi Kantor Bawaslu untuk menanyakan progres yang sudah dilakukan terhadap penanganan laporan yang dilayangkan Panwascam Padang Cermin terkait dugaan pelanggaran Pemilu, yang dilakukan salah satu partai peserta Pemilu 2024, dengan melibatkan ASN Kecamatan Padang Cermin,” kata Ketua Harian FMPB Kabupaten Pesawaran, Saprudin Tanjung, saat sambangi Kantor Bawaslu setempat.

Berdasarkan hasil konfirmasi yang dilakukan FMPB terhadap Bawaslu setempat, dalam proses penanganan terhadap dugaan pelanggaran tersebut, sangat tidak sesuai dan jauh dari faktanya.

Tanjung mensinyalir partai dan para caleg yang terlibat langsung dalam kegiatan tersebut sama sekali tidak tersentuh tangan Bawaslu. Dan lucunya lagi yang terjadi pihak Bawaslu malah hanya memproses laporan yang berisi keterlibatan ASN (Camat Asnawi Mahadaka) dengan tuduhan tidak netral.

“Kita sendiri malah jadi bingung dengan langkah yang diambil Bawaslu, bukannya memproses partai dan para Calegnya, yang jelas-jelas telah mendompleng dan merekayasa kegiatan bantuan, buat ambil hati dan simpati masyarakat, untuk kepentingan partai dan pencalonannya. Ini malah mengkambing hitamkan camat, yang dijadikan sebagai tumbal, yang telah melakukan pelanggaran pemilunya, bukan partai dan calegnya,” ucap Tanjung.

Dilanjutkannya, yang terjadi sudah jelas-jelas partai dan orang-orangnya, yang merekayasa membuat acara dan memobilisasi masyarakat untuk berkumpul dan diberi bantuan.

Baca Juga  Koalisi Pasangan Bersinar Gelar Rapat Konsolidasi Internal

“Ini kok malah camatnya saja yang ketempatan yang jadi tersangka, inikan sama saja Bawaslu melakukan tebang pilih dan masuk angin ketika berhadapan dengan orang besar partai,” bebernya.

Dijelaskan Tanjung, kedatangan pihaknya ke Bawaslu agar didalam memberikan penindakan untuk tegak lurus, tanpa pandang bulu, apalagi takut dalam bertindak.

“Sekalian kita juga memberikan bukti-bukti tambahan, terkait pelanggaran Pemilu, yang dilakukan partai dan para Calegnya dalam kegiatan bantuan tersebut,” imbuhnya.

Sementara Ketua Bawaslu Pesawaran, Patihunajah mengungkapkan, rasa terimakasihnya kepada FMPB Pesawaran, terhadap dukungan dan dorongan semangat serta koreksi kepada pihaknya terkait penanganan indikasi pelanggaran Pemilu, yang diduga dilakukan salah satu partai dan Calegnya, yang lolos sebagai peserta pada Pemilu 2024 mendatang.

“Kami ucapkan banyak terimakasih atas dukungan dan suport serta koreksi, terhadap kinerja kami dalam proses penanganan terhadap adanya dugaan pelanggaran Pemilu, diduga dilakukan partai dan orang-orangnya di acara penyaluran bantuan tersebut,” ucapnya singkat.

Baca Juga  Pastikan Misa Natal Aman, Kapolres dan Forkopimda Pesawaran Patroli Gereja

Sebelumnya diberitakan, penyerahan bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI kepada kelompok nelayan di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, baru-baru ini berupa 2 unit mesin kapal dan sejumlah pelampung diduga disusupi oleh para Caleg dari PDIP baik itu dari kabupaten, provinsi maupun RI .

Ini dilihat pada saat pembagian bantuan tersebut hadir Ketua Komisi lV DPR RI, Sudin, Ketua DPRD Pesawaran, Suprapto, Anggota Dewan Pesawaran, Arya Guna, Ketua TP PKK Pesawaran, Nanda Indira Dendi yang juga Caleg DPRD Provinsi Dapil Lampung 3 yang kesemuanya diketahui mencalonkan diri pada Pileg 2024. (Soheh)

Berita Terkait

Desa Bernung Kembali Salurkan Bantuan Pangan Beras
Dendi Ramadhona Hadiri Musrenbang Empat Kecamatan
FMPB Endus Dugaan Mark Up Anggaran Papan Informasi KPU Pesawaran
Pesawaran Prioritas Lokus Stunting Sejak 2020
Bupati Pesawaran Lepas Logistik Pemilu 2024
Dugaan Penyimpangan, FMPB akan Laporkan CV Alfatih Perkasa ke APH
Klarifikasi, Sejumlah Warga Tanjung Kemala Penuhi Panggilan Polres Pesawaran
Dendi Rakor Persiapan Pemantauan Pemilu 2024

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:42 WIB

Gubernur Arinal Gaet Investor Tingkok

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:36 WIB

Pemprov Lampung Rakor Penanganan Dampak Banjir

Berita Terbaru

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika melantik Marindo Kurniawan. Foto: Luki.

Lampung

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Jumat, 1 Mar 2024 - 15:24 WIB

Tulang Bawang Barat

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik

Jumat, 1 Mar 2024 - 13:09 WIB