BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), menggelar rapat koordinasi dalam rangka pembahasan pelaksanaan Festival Bambu Internasional 2020 yang akan diselenggarakan pada 6-8 November 2020.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat bupati Tubaba tersebut, dipimpin oleh Asisten l Bidang Pemerintahan dan Kesra, Agus Subagio, Asisten III, Rasidi, dan diikuti oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat se-kabupaten setempat. Kamis (22/10).

“Kita membahas mengenai persiapan Festival Bambu Internasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 06 sampai 08 November tahun 2020 yang dipusatkan di Kota Budaya Uluan Nughik, di Kelurahan Panaragan Jaya,” kata Agus saat dikonfirmasi awak media usai memimpin rapat, Kamis (22/10).

Saat dikonfirmasi wartawan mengenai peran serta masyarakat dalam festival tersebut, dirinya mengatakan, setiap tiyuh di Kabupaten Tubaba nantinya akan menampilkan hasil peternakan, perkebunan, ataupun pertanian yang ada di masing-masing tiyuh tersebut dengan menggunakan peralatan yang berbahan bambu.

“Ada 54 tiyuh yang membawa dua ekor kambing, kambing tersebut dimasukkan ke dalam alat yang terbuat dari bambu dan dibawa dengan mengendarai motor. Dan ada 46 tiyuh yang membawa hasil pertanian holtikultura (tanaman budidaya-Red) yang dikemas memakai alat yang juga terbuat dari bambu dan dibawa dengan mengendarai sepeda,” paparnya.

Sementara, Direktur Sekolah Seni Kabupaten Tubaba, Semi Anggara, yang didampingi Direktur Festival, Salim, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Tubaba perihal pemanfaatan bambu yang lebih efektif dan efisien.

“Dalam kegiatan tersebut, selain dari workshop dan pameran, kita juga akan mengupas lebih dalam mengenai pemanfaatan bambu. Seperti, olahan kuliner yang berbahan dasar dari  bambu. Dan untuk mengajarkan kepada masyarakat khususnya kaum milenial (anak muda-red). Karena anak muda sekarang sudah berkurang bercengkrama dengan alam. Sejalan dengan tema festival itu, Pesan Menjaga Bambu Nusantara dari Tubaba,” ungkapnya. (Arie/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here