BERBAGI
Dosen ITERA Latih Pelaku UKM Lampung Kelola E-Commerce
Dosen ITERA menjadi instruktur dalam pelatihan vocational berbasis e-commerce (perdagangan eletronik) yang didakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, di Bandarlampung, 4-7 Agustus 2020. Foto: Ist

Bandarlampung (Netizenku.com) : Tiga dosen Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yaitu PG Wisnu Wijaya S.Sn, M.Sn (Desain Komunikasi Visual), Martin Clinton Tosima Manullang, S.T., M.T. dan Hartanto Tantriawan, S.Kom., M.Kom (Teknik Informatika) menjadi instruktur dalam pelatihan vocational berbasis e-commerce (perdagangan eletronik) yang didakan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, di Bandarlampung, 4-7 Agustus 2020.

Kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 40 peserta yang merupakan para anggota koperasi dan pelaku UKM di Provinsi Lampung. Para peserta mendapatkan pelatihan mulai dari membangun jejaring, penerapan digital marketing, hingga membuat dan mengelola online store yang mudah diakses konsumen.

Pelatihan vocational berbasis e-commerce di selenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM di 13 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, Dosen Prodi DKV ITERA PG Wisnu Wijaya S.Sn, M.Sn menyampaikan materi seputar jejaring ekonomi kreatif yang dijalankan oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN).

ICCN merupakan organisasi jejaring kota/kabupaten kreatif Indonesia yang berkomitmen untuk mewujudkan kota kreatif yang saat ini telah melibatkan 211 kota/kabupaten di Indonesia.

Selain itu, Wisnu juga menyampaikan materi seputar branding literacy, ekonomi kreatif ICCN, dan program wirausaha desa dan Kota ICCN.

“Dari kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan bisnisnya di platform digital dengan beberapa aplikasi seperti tokotalk, yukbisnis dan lainnya, tujuan agar media promosi dapat dilakukan secara digital oleh UKM yg ada di Lampung,” ujar Wisnu, Rabu (5/8/).

Sementara Dosen Prodi Teknik Informatika, Martin Clinton Tosima Manullang, S.T., M.T. melatih para pelaku UKM untuk memiliki kemampuan menerapkan digital marketing, dengan memanfaatkan berbagai media sosial,dan teknologi yang saat ini semakin mudah diakses.

Dosen ITERA lainnya, Hartanto Tantriawan, S.Kom., M.Kom menjabarkan seputar cara membangun online store sederhana, hingga cara merambah ke online marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lainnya. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here