oleh

BPBD Provinsi Lampung Tunjuk Tiyuh Gedung Ratu Sebagai Destana

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung menunjuk Tiyuh (Desa) Gedung Ratu sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana).

Gedung Ratu, satu-satunya tiyuh atau desa di Tubaba yang ditunjuk oleh BPBD Provinsi Lampung untuk mendapatkan pelatihan manajemen penanggulangan bencana, Senin (1/8).

Puluhan peserta diberikan berbagai pelatihan seperti manajemen bencana, penanggulangan bencana, dan pertolongan pertama.

Baca Juga  Monumen Pers Nasional Dukung Pendirian Museum Pers Tubaba

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Tiyuh Gedung Ratu diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari masyarakat, aparatur, dan tenaga medis.

Kepala BPBD Provinsi Lampung melalui Sekretaris Indra Utama, mengatakan tujuan dibentuknya Destana untuk mengantisipasi terjadinya bencana dan langkah-langkah penanggulangannya.

“Setelah pembentukan Destana, selama 4 hari kedepan para peserta akan dilatih dan dididik untuk menjadi relawan Destana,” jelasnya.

Baca Juga  Hasil Rapid Test Massal 42 Pengurus PWI Tubaba Non-Reaktif Covid-19

Sebelumnya Tiyuh Gedung Ratu menjadi langganan banjir akibat luapan sungai Way Kiri, adapun dampak yang dirasakan langsung oleh masyarakat adalah puluhan rumah terendam banjir dan ratusan lahan pertanian juga ikut terendam sehingga memutuskan rantai ekonomi warga setempat.

“Alhamdulillah adanya pelatihan ini kami masyarakat mendapatkan pelatihan dan pemahaman untuk mengantisipasi bencana, kedepan lebih mudah dan paham bahkan lebih siap,” ujar salah satu peserta, Muhammad Khadafi. (Arie/Leni)

Baca Juga  Lelang Jabatan Tubaba, Tunggu Rekomendasi KASN