Benny Kadarhariarto Hadiri Penutupan The 15th JAFF Community Forum di Lampung

Redaksi

Minggu, 29 November 2020 - 18:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Festival Director of 15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum di Lampung, Nada Bonang (kanan), bersama CEO of DSLR Cinematography Indonesia, Benny Kadarhariarto (kiri), di Gedung Dewan Kesenian PKOR Way Halim, Sabtu (28/11) Foto: Dokumentasi

Festival Director of 15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum di Lampung, Nada Bonang (kanan), bersama CEO of DSLR Cinematography Indonesia, Benny Kadarhariarto (kiri), di Gedung Dewan Kesenian PKOR Way Halim, Sabtu (28/11) Foto: Dokumentasi

Bandarlampung (Netizenku.com): Acara penutupan gelaran The 15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum di Lampung, Sabtu (28/11) dihadiri sinematografer kawakan Indonesia, Benny Kadarhariarto. CEO of DSLR Cinematography Indonesia tersebut memang saat ini sedang berada di Lampung dalam rangka Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) sebagai juri.

Beliau mengaku sudah empat kali menjuri di Lampung, akan tetapi masih jarang menemukan film-film Lampung yang ‘menarik’ di banyak kompetisi yang meminta beliau menjadi juri.

“Saya tantang Lampung untuk membuat workshop film yang secara intensif membimbing pesertanya dari awal proses ide sampai post-produksi. Ayo kita buat bersama,” ungkap Benny Kadar saat memberikan statement di penutupan 15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum di Lampung.

Pada pemutaran hari terakhir dalam gelaran The 15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum di Lampung ini, diputarkan lima film dalam program Layar Komunitas 2, satu film dokumenter dalam program JAFF-NETPAC, dan lima film pendek dalam program Light of Asia.

Baca Juga  Jalin Kerja Sama Dengan Umitra, Eva Dwiana: Fokus Tingkatkan SDM

Pada program Layar Komunitas 2 diputarkan film “Petruq” karya sutradara Febri Febrian dari Lombok, “Live” karya sutradara Ruziqu Tajri dari Bandung, “Tanah Bako” karya sutradara Halvika Padma dari Padang, “Krenteg” karya sutradara Marjo KS dari Tegal, dan “Huma Amas” karya M. Al-Fayed dari Samarinda.

Pada program JAFF-NETPAC diputarkan film dokumenter School Town King karya sutradara Wattanapume Laisuwanchal asal Thailand. Dan dalam program penutup Light of Asia, diputarkan film-film pendek dari negara-negara di Asia: “Ngày Trọng Đại (The Big Day)” asal Vietnam; “巨人 (jù rén)”, film animasi asal Singapura; “See You Next Century” asal Malaysia, “Judy Free” asal Filipina, dan  “How My Grandmother Became a Chai” asal Libanon.

Nada Bonang selaku Festival Director of 15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum di Lampung mengungkapkan bahwa selama tiga hari tersebut,  para penggiat dan penikmat film di Lampung sangat antusias dalam mengikuti program-demi program yang telah disiapkan.

Baca Juga  Gantikan Albert, Busyairi Dilantik Jadi Anggota DPRD Bandar Lampung

“Penonton Lampung cukup banyak yang berminat. Dari delapan program yang kami adakan, lebih dari 200 penonton hadir,” ungkap Nada.

Telah terselenggara pula program pemutaran yang berlangsung pada tanggal 26 dan 27 November 2020, yaitu Layar Komunitas, Asian Prespective, dan Indonesian Film Splash Short serta program tambahan spesial dari Klub Nonton: Sekura: Wajah Sinema Lampung dan The Spirit of East.

Dari masing-masing program tersebut, beberapa film terpilih -dari total ratusan film yang ikut serta dari seluruh penjuru benua Asia-  dan ditayangkan dengan kuota terbatas. Jumlah penonton dibatasi 50 orang per filmnya dengan menaati protokol kesehatan COVID-19.

SEKILAS TENTANG KLUB NONTON

Klub Nonton adalah sebuah komunitas nirlaba pengapresiasi film di Lampung yang berfokus pada eksebisi, literasi, dan distribusi. Klub Nonton menyelenggarakan acara eksebisi film untuk lebih mendekatkan film “bagus” kepada kalangan masyarakat yang selama ini hanya dapat menikmati film-film di media mainstream seperti TV dan Bioskop.

Baca Juga  Pemkot Bandarlampung Cairkan Gaji Ribuan Tenaga Kontrak

Sebagai komunitas yang sudah berdiri sejak Juni 2017, Klub Nonton juga turut mengajak masyarakat untuk mengapresiasi film-film karya sineas dalam negeri sekaligus menggerakkan kalangan penggiat film, khususnya anak muda di Lampung untuk berkarya.

SEKILAS TENTANG JAFF

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) adalah festival film terbesar di Indonesia yang berfokus pada perkembangan sinema Asia dan berkontribusi untuk perkembangan sinema Indonesia juga memberikan ruang bagi persimpangan berbagai sektor seperti edukasi, seni, budaya, dan pariwisata.

JAFF menjadi barometer perkembangan film Asia dan juga melahirkan bakat-bakat baru pembuat film di Indonesia. Sejak awal, JAFF bekerjasama dengan NETPAC (Network For The Promotions of Asian Cinema), sebuah organisasi film dan budaya pan-Asia yang beranggotakan 30 negara dan berkantor pusati di Colombo, Sri Langka. (Josua)

Berita Terkait

Kunjungi Sejumlah Pembangunan, Walikota Pastikan Semua Lancar
Begawi dan Bandarlampung Expo Dinilai Sesuai Ekspektasi
Pihak BRI Diduga Kuat Terlibat Kasus “Kredit Fiktif Gunung Sari”
Walikota Bandarlampung Raih Penghargaan dari Kemenkop UKM
Aprohan Saputra Jabat Plt Ketua IWO Lampung
Pemkot Catat 14.431 NIB terbit
400 Ruas Jalan Lingkungan Diperbaiki, Pemkot Respon Cepat Keluhan
126 Kelurahan Ikuti Lomba Masakan Tradisional Lampung

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:02 WIB

Pemprov Bakal Gelar Upacara Peringatan Kemerdekaan ke 79 di Kota Baru

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:43 WIB

Pj Gubernur Lampung: ASN Harus Memiliki Kemauan Untuk Maju

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:30 WIB

Pj Gubernur Lampung Dorong Pengembangan Subsektor Peternakan

Selasa, 16 Juli 2024 - 17:40 WIB

Pj Gubernur Lampung Kukuhkan Mighrul Lappung Bersatu

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:27 WIB

Pj Gubernur Lampung Dorong Komitmen Serius dalam Pengelolaan PKB dan BBNKB

Selasa, 16 Juli 2024 - 15:16 WIB

Hingga Saat Ini Tidak Ditemukan Kecurangan PPDB di Lampung

Senin, 15 Juli 2024 - 15:43 WIB

Ombudsman Lampung Atensi Tidak Terjadi Perundungan Selama MPLS

Senin, 15 Juli 2024 - 15:39 WIB

Pj Gubernur Lampung Tinjau OJK dan Bank Lampung

Berita Terbaru

Pj Bupati Tubaba M Firsada, memberi arahan kepada para ASN di lingkup Pemkab setempat pada apel bulanan, Rabu (17/7/2024). (Arie/NK)

Tulang Bawang Barat

Sepekan, Tubaba Raih Berbagai Prestasi Tingkat Nasional

Rabu, 17 Jul 2024 - 20:39 WIB

Lampung Tengah

Tim Divkum Polri Pantau Implementasi HAM di Polres Lampung Tengah

Rabu, 17 Jul 2024 - 18:20 WIB