842 Saksi Partai Demokrat Tubaba Terima Pembekalan

Leni Marlina

Kamis, 8 Februari 2024 - 20:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Ketua DPC Partai Demokrat Tubaba, Busroni, memberikan arahan pada kegiatan pembekalan para saksi TPS di wilayah Kecamatan Tulangbawang Udik, di Taman Faiz, Kamis (8/2). (Arie/NK)

Foto: Ketua DPC Partai Demokrat Tubaba, Busroni, memberikan arahan pada kegiatan pembekalan para saksi TPS di wilayah Kecamatan Tulangbawang Udik, di Taman Faiz, Kamis (8/2). (Arie/NK)

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Sebanyak 842 saksi Partai Demokrat Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dari empat Daerah Pemilihan (Dapil) mendapatkan pembekalan dari tim pembekalan partai.

Ketua DPC Partai Demokrat Tubaba Bursoni SH, didampingi Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Tubaba juga selaku Calon Anggota Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi Lampung Dapil VI Paisol, SH mengatakan, seluruh saksi Partai Demokrat dari empat Dapil diberikan pembekalan berkaitan dengan penggunaan aplikasi quick count (penghitungan cepat) melalui aplikasi Sirekap Partai Demokrat, dan memberikan arahan bagaimana bekerja sebagai saksi, dan tanggung jawabnya di lapangan.

“Pembekalan dan pelatihan tersebut dilakukan secara bertahap per kecamatan, seluruh saksi diberikan pemahaman tentang tata cara penggunaan aplikasi Sirekap partai Demokrat,” kata Paisol, di Taman Faiz, Tiyuh Way Sido, Kecamatan Tulangbawang Udik, Kamis (8/2).

Dia mengatakan, penghitungan hasil pemungutan suara Presiden, para Caleg dari tingkat DPRRI hingga DPRD Kabupaten asal Partai Demokrat itu nanti telah menggunakan aplikasi digital. Karenanya seluruh saksi yang mengikuti pembekalan saat ini harus benar benar memahami cara menggunakan aplikasi tersebut.

“Mereka dibekali bagaimana cara menggunakan aplikasi, mengisi isian perolehan suara khususnya seluruh Caleg DPRD Tubaba, DPRD Provinsi, RI, dan Presiden, dan meng-upload C1. Tidak hanya itu, mereka juga mengisi isian perolehan suara seluruh partai secara global dari masing-masing TPS yang menjadi tanggung jawab para saksi,” ucapnya.

Baca Juga  Asisten I Buka Lomba Dai Cilik, Qosidah, Hadroh dan Adzan Tingkat Kabupaten

Dia melanjutkan, dalam pembekalan tersebut, DPC Partai Demokrat menekankan para saksi untuk jeli melihat, meneliti, dan menyampaikan setiap perkembangan di masing-masing TPS.

“Jika ditemukan ada kejanggalan dalam penghitungan atau tidak sesuai dengan data saksi, atau hasil C1. Meraka diminta jangan diam saja, sebab punya hak keberatan/sanggah untuk disampaikan ke KPPS masing-masing,” terangnya.

Menurutnya, pelatihan pembekalan saksi tersebut sudah dilakukan sejak Selasa 6 Februari 2024 lalu yang diawali Dapil 1 Kecamatan Tulangbawang Tengah, dengan jumlah 247 Saksi. Untuk Hari ini pada 8 Februari 2024 kita juga berikan pembekalan kepada 231 Saksi di wilayah Dapil II Kecamatan Tulangbawang Udik, dan Tumijajar.

Baca Juga  Lagi, Dua Rumah Warga Tubaba Dilalap Si Jago Merah

Kemudian untuk pembekalan 193 saksi di wilayah Dapil III kecamatan Pagar Dewa, Lambu Kibang, Gunung Terang dan Batu Putih. Juga pembekalan terhadap 169 Saksi di Dapil IV wilayah Kecamatan Gunung Agung, dan Way Kenanga pada 9-12 Februari 2024 mendatang.

“Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap kepada seluruh saksi Partai Demokrat dapat memantau, mengawasi lebih intensif juga mengamankan suara Partai Demokrat sampai selesai. Pastinya saksi harus datang ke masing – masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) lebih awal,” tutupnya. (Arie)

Berita Terkait

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik
Firsada Tinjau Kesiapan Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Pemilu
Kapolres-Forkopimda Tubaba Cek Ketersediaan Sembako Jelang Ramadhan
IOH-Lintasarta Jalin Kerja Sama Strategis dengan Pemkab Tubaba
Pj Bupati Pringsewu Salurkan Bantuan Pangan Beras di 2 Kecamatan
Diskeswan Tubaba Sekolah Lapang Pembibitan Hewan Ternak Ruminansia
Puluhan Wartawan Tubaba Bertolak Hadiri HPN di Jakarta
Firsada Tinjau Pemilu Serentak di TPS

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:42 WIB

Gubernur Arinal Gaet Investor Tingkok

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:36 WIB

Pemprov Lampung Rakor Penanganan Dampak Banjir

Berita Terbaru

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika melantik Marindo Kurniawan. Foto: Luki.

Lampung

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Jumat, 1 Mar 2024 - 15:24 WIB

Tulang Bawang Barat

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik

Jumat, 1 Mar 2024 - 13:09 WIB