BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 pada rapat paripurna DPRD yang dipimpin Ketua DPRD setempat, Ali Johan Arif dan dihadiri para Forkopimda dan kepala OPD di ruang Sidang DPRD Lamtim, Rabu (12/6).

Zaiful menyampaikan, menyampaikan secara garis besar laporan pelaksanakan APBD atau Laporan Kuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018. Untuk realisasi pendapatan sebesar Rp2,05 triliun yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp125,03 miliar atau 94 37%, Pendapatan Transfer dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi sebesar Rp1,8 triliun atau 97 44%, lain-Lain Pendapatan Daerah yang Sah sebesar, Rp95,5 miliar atau 99,60%. Kemudian realisasi belanja sebesar Rp2,0 triliun atau 90,68% yang terdiri dari Belanja Operasi sebesar Rp1,3 triliun atau 89, 37%, Belanja Modal sebesar Rp285,4 miliar atau 91,31% , Belanja Tak Terduga sebesar Rp177,7 Juta atau 12,23%, transfer sebesar Rp360,3 miliar atau 95,74%.

“Dari realisasi pendapatan dan realisasi belanja Tahun Anggaran 2018 terjadi Surplus Belanja sebesar Rp48,6 miliar, yang selanjutnya Pembiayaan Netto yang bersumber dari SILPA Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp101,2 miliar,” kata Zaiful.

Sehingga masih terdapat sisa lebih perhitungan anggaran SILPA sebesar Rp149,8 miliar, SILPA ditetapkan berdasarkan hasil audit BPK-RI Perwakilan Provinsi Lampung yang terdiri dari Silpa DAK Fisik dan Non Fisik, Silpa BLUD, Silpa BOS dan lainnya.

“Pada kesempatan ini saya juga perlu menyampaikan bahwa pemerintah yang baik harus terus kita perjuangkan agar dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik. Kami menyadari segala sesuatu yang telah dicapai hingga saat ini bukanlah semata-mata kerja Pemerintah Daerah saja, namun merupakan kerja dama Eksekutif dan legislatif serta seluruh komponen masyarakat Lampung Timur. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-penerimaan dan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Lampung Timur secara berkelanjutan,” ungkapnya. (Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here