oleh

Verifikasi Peraih Penghargaan STBM, Kemenkes-Bappenas Kunjungi Pringsewu Lampung

Pringsewu (Netizenku.com): Guna memverifikasi kemungkinan Kabupaten Pringsewu, Lampung sebagai kandidat peraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, Tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Bappenas RI melakukan kunjungan kerja ke kabupaten tersebut, Jumat (28/9/2018).

Kedatangan tim diterima Wakil Bupati (Wabup) Pringsewu Fauzi, didampingi jajaran Dinas Kesehatan setempat.

\”Dipilihnya Pringsewu sebagai kandidat peraih penghargaan, karena keberhasilan yang sudah menjadi Kabupaten ODF (Open Defecation Free atau bebas buang air besar sembarangan) 100%,\” ujar ketua tim yang juga Kepala Seksi Pengamanan Radiasi, Direktorat Jenderal Kesehatan Lingkungan pada Kementerian Kesehatan RI, Kristin.

Baca Juga  Harkesnas ke-55, Pringsewu Gelar Jalan Sehat

Selain itu, lanjut dia, karena ada inovasi berkelanjutan dan komitmen dari pimpinan daerah yang sangat tinggi, dengan dukungan jajaran di bawahnya.

\”Serta pelibatan secara aktif berbagai instansi lainnya, ormas, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama, untuk melanjutkan pencapaian ODF Kabupaten Pringsewu secara berkelanjutan, sehingga dapat merubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat dan lingkungan juga menjadi bersih,\” urai Kristin.

Baca Juga  Antisipasi Covid-19 Polres Pringsewu Semprot Disinfektan¬†

Selain itu, seluruh instansi beserta masyarakat juga mempunyai komitmen yang sama untuk melaksanakan 4 pilar STBM lainnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya turun ke Kabupaten Pringsewu guna melakukan verifikasi, baik di tingkat pimpinan daerah, maupun OPD, serta melihat secara riil pencapaian di tingkat masyarakat serta melakukan testimoni.

Termasuk inovasi dari BUMDes yang mendukung kegiatan tersebut.

Baca Juga  Prof Mukri Ketua MUI Lampung Masa Khidmat 2021-2026

\”Pelibatan TNI-Polri di Kabupaten Pringsewu dalam masalah ODF, juga merupakan salah satu bentuk inovasi di Kabupaten Pringsewu,\” ujar Kristin. (Darma)

Komentar