BERBAGI

Bandarlampung (Netizenku.com): Tahapan pemilihan Rektor Universitas Lampung (Unila) telah mulai berjalan dimulai dengan pembentukan panitia pemilihan rektor pada Jumat (12/7/2019) yang lalu.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unila, Wan Abas Zakaria mengatakan, Unila mengundang semua akademisi terbaik dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri menjadi bakal calon rektor (Bacarek) Unila.

“Semua akdemisi terbaik yang ada di Indonesia kita undang untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon rektor Unila, tentu saja dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan,” ucapnya pada Konferensi Pers Pemilihan Rektor Unila periode 2019-2023, di Ruang Sidang 2 Lantai IV, Gedung Rektorat, Rabu (17/7/2019).

Zakaria melanjutkan, pengumuman pendaftaran bacarek telah dimulai sejak Senin (15/7/2019) melalui media cetak dan elektronik juga di http://pilrek.unila.ac.id sedangkan pendaftaran bacarek akan dimulai pada Senin (22/7/2019) hingga Rabu (31/7/2019). Pendaftaran akan diterima pada jam kerja, yakni 08.00-16.00 WIB.

Zakaria menambahkan, jika ada bacarek yang berasal dari luar Provinsi Lampung maka akan difasilitasi oleh Panitia Pemilihan Rektor.

Adapun persyaratan yang harus dilengkapi untuk menjadi bacarek adalah dengan menyerahkan;

1. Surat permohonan bakal calon rektor
2. Daftar riwayat hidup sesuai format kepegawaian
3. Surat pernyataan kesediaan menjadi bakal calon rektor
4. Surat pernyataan pengalaman manajerial dengan melampirkan:
a. Foto copy surat keputusan pengangkatan dalam jabatan ketua jurusan atau sebutan lain yang setara, atau ketua lembaga, atau pejabat eselon II a di lingkungan instansi pemerintahan
b. Surat keterangan dari atasan yang menyatakan pernah menjabat paling singkat 2 tahun.
5. Surat keterangan dari rumah sakit pemerintah tentang:
a. Sehat jasmani
b. Sehat rohani
c. Bebas narkotika, precursor dan zat adiktif lainnya.
6. Hasil penilaian sasaran kerja yang menyatakan setiap unsur penilaian prestasi kerja paling rendah bernilai baik dalam 2 tahun terakhir
7. Surat pernyataan tidak sedang menjalani tugas belajar atau izin belajar lebih dari 6 bulan meninggalkan  tugas tridharma perguruan tinggi bermaterai Rp 6.000.00.
8. Surat pernyataan tidakbsedang menjalani hukuman diaiplin tingkat sedang atau berat bermaterai Rp 6.000.00.
9. Surat pernyataan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap bermaterai Rp 6.000.00
10. Menyerahkan laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) bermaterai Rp 6.000.00 dengan lampiran bukti penyerahan LHKPN ke komisi pemberantasan korupsi 2 tahun terakhir.
11. Surat pernyataan tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan bermaterai Rp 6.000.00
12. Foto copy keputusan menteri tentang pengangkatan sebagai lektor kepala
13. Foto copy ijazah S3 yang dilegalisasi
14. Visi, misi dan program bakal calon rektor
15. Foto copy kartu tanda penduduk (KTP) atau tanda pengenal lain yang masih berlaku
16. Surat pernyataan kesediaan mengikuti semua tahapan pemilihan rektor
17. Surat pernyataan tidak mengundurkan diri apabila telah terdaftar menjadi bakal calon rektor
18. Pasfoto terbaru berwarna 4×6 cm sebanyak 2 lembar beserta soft filenya.

Wan Abbas Zakaria mengharapkan, rangkaian proses pelaksanaan pemilihan rektor Unila dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. “Semoga swmua berjalan lancar tanpa hambatan yang berati,” tutupnya. (Aby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here