Tanggamus Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Redaksi

Rabu, 25 Oktober 2023 - 18:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Gisting (Netizenku.com): Mewakili Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan, MT,. Asisten II Sukisno, M. Kes., membuka Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia ke-XVI Tahun 2023, di SMPN 1 Gisting, Rabu (25/10).

Dalam sambutan tertulis Pj Bupati Tanggamus yang dibacakan Asisten II menyampaikan, ucapan permohonan maaf karena tidak dapat hadir langsung dan mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak terutama jajaran Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, atas terselenggaranya kegiatan HCTPS ke XIV.

“Terimakasih khususnya kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus yang pada hari ini menggerakkan acara Peringatan HCTPS tingkat Kabupaten Tanggamus dengan Tema besar “Clean Hands are Within Reach” atau “Tangan Bersih Berada Dalam Jangkauan,” katanya.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dilanjutkannya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya bersama dalam melaksanakan indikator 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), yaitu mencuci tangan pakai sabun, sebagai langkah kongkrit dalam upaya kesadaran memutus rantai penularan penyakit dan upaya mencegah stunting.

Baca Juga  Wabup Sidak Puskesmas Talang Padang

“Lima Pilar STBM yaitu: Stop BAB sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga, pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan,” jelasnya.

Peringatan HCTPS merupakan momen penting untuk mengkampanyekan perilaku mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, karena sangat berdampak positif pada upaya mencegah penyakit menular dan upaya nyata menurunkan prevalensi stunting, sehingga kualitas SDM diharapkan dapat meningkat.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan peringatan HCTPS oleh Dinas Kesehatan yang bermitra dengan TP-PKK Kabupaten Tanggamus, dapat membudayakan perilaku hiidup bersih dan sehat, sebagai garda terdepan dalam upaya mencegah penularan penyakit menular dan mencegah stunting, sehingga warga Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini selalu sehat sejahtera dan bebas stunting,” harapnya.

Baca Juga  Bupati Tanggamus Serahkan Bantuan Masjid-Mushalla

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus Hellen Veranica dalam sambutannya mengatakan, HCTPS se-Dunia yang selalu diperingati setiap tanggal 15 Oktober adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi lainnya, baik pihak pemerintah dan swasta untuk menggalakkan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

“Berdasarkan hasil riset yang dilakukan WHO diketahui bahwa perilaku CTPS dapat menurunkan kasus diare hingga 45 persen, serta mampu mencegah infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit. Tujuan Peringatan HCTPS Sedunia secara umum adalah untuk membiasakan diri Cuci Tangan Pakai Sabun pada anak usia sekolah sejak dini, beserta seluruh keluarga dan bagaimana peran perempuan untuk penurunan stunting,” jelas Hellen Veranica.

Lebih lanjut ia mengatakan, cuci tangan pakai sabun merupakan cara mudah hidup sehat, murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja guna mencegah berbagai penyakit menular. Kita ingin wujudkan anak didik dan masyarakat, mengerti dan membiasakan diri untuk CTPS, melakukan 6 waktu kritis CTPS yaitu sebelum makan, setelah BAB, setelah menceboki bayi, sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makan dan setelah kontak dengan hewan.

Baca Juga  Disudutkan Pungli, Kepala SMP 1 Muhammadiyah Kotaagung Beri Klarifikasi

“Membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak, seluruh keluarga dan masyarakat untuk selalu hidup sehat sejak dini. Seperti yang kami sosialisasikan bahwa cuci tangan pakai sabun dapat dengan mudah dilakukan, dengan penuh keceriaan dan tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Penanaman perilaku CTPS sejak dini dibangku pendidikan hendaknya terus kita bimbing sampai ke rumah dan dimanapun mereka berada, sehingga perilaku sehat ini terpelihara, kontinyu dan menjadi budaya,” harapnya. Arj/Len)

Berita Terkait

Bau Busuk, Warga Baros Keluhkan Lambannya Pengangkutan Sampah di TPSS
Jaga Kondusifitas, Polres Tanggamus Gelar Apel Cipkon
PPP-PKS Bersaing Ketat Perebutkan Kursi Legislatif Tanggamus
Diduga Kelelahan Anggota KPPS Kecamatan Airnaningan Meninggal Dunia
Sekda Tanggamus Terima Penghargaan Sistem Merit Pengisian JPT
Beda Pilihan Caleg, Oknum Kakon Airbakoman Tantang Duel Warga
Distribusi Logistik, KPU Tanggamus Prioritaskan Daerah Terisolir
Rutan Kotaagung Ikutkan 10 WBP dalam KBM Pendidikan Kesetaraan

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:42 WIB

Gubernur Arinal Gaet Investor Tingkok

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:36 WIB

Pemprov Lampung Rakor Penanganan Dampak Banjir

Berita Terbaru

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika melantik Marindo Kurniawan. Foto: Luki.

Lampung

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Jumat, 1 Mar 2024 - 15:24 WIB

Tulang Bawang Barat

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik

Jumat, 1 Mar 2024 - 13:09 WIB