oleh

RSUDAM Lampung Sosialisasikan Program \’Quick Respon SIAP\’

Bandarlampung (Netizenku.com): Melihat masih kurangnya wadah/tempat pengaduan masyarakat dalam hal pelayanan, Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung membuka aplikasi pengaduan Quick Respon Sistem Informasi Aplikasi Pengaduan (SIAP) untuk masyarakat.

Aplikasi Quick Respon SIAP ini diinisiasi langsung oleh Kasubag Humas RSUDAM, Ns. Akhmad Sapri, S. Kep., MH.

\"\"

Ia mengatakan aplikasi ini bertujuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan juga dalam rangka menekan tingginya angka komplain masyarakat terhadap pelayanan di RSUDAM.

\”Sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Pasal 8 ayat (2) menentukan penyelenggaraan pelayanan publik sekurang-kurangnya meliputi, pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat, dan pelayanan konsultasi. Kerenanya kami menelurkan program Quick Respon SIAP,\” paparnya saat sosialisasi di Lantai 1 Gedung Administrasi RSUDAM, Selasa (2/10/2018).

Baca Juga  Komisi V DPRD Panggil Pihak Rumah Sakit Urip

Melihat semakin majunya perkembangan teknologi sekarang ini, lanjutnya, dibutuhkan suatu sistem informasi yang bisa memudahkan serta meningkatkan efisiensi kinerja dalam berbagai hal. Quick Respon SIAP merupakan sistem untuk menerima pengaduanĀ  masyarakat secara online.

\”Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan masyarakat bisa langsung merasakan manfaatnya, yaitu dengan akan cepatnya respon yang akan diberikan pada setiap kebutuhan pasien,\” kata Sapri.

Baca Juga  Hamartoni Dorong Daerah Percepat Pembuatan RDTR

Kasubag Humas RSUDAM ini melanjutkan, Quick Respon SIAP juga diperuntukkan untuk mempercepat waktu proses tindak lanjut dari pengaduan pelanggan, menjamin keadilan akan hak untuk mendapatkan pelayanan bagi seluruh pasien, memberikan perlindungan dan jaminan kepada pasien, membuka ruang pengaduan yang lebih luas kepada pasien/stakeholders lainnya dengan basis aplikasi yang dapat diketahui langsung oleh pihak terkaik.

Selain itu juga untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, mencegah terjadinya sengketa medis dan upaya untuk memenuhi hak dasar pasien terkait pelayanan Rumah Sakit. \”Kalau bagi rumah sakit sendiri, tentu manfaatnya adalah meningkatnya citra RSUDAM sebagai rumah sakit rujukan di Provinsi Lampung, meningkatnya Indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan, meningkatnya kinerja pelayanan, memenuhi nilai indikator Standar Pelayanan Minimal pada rumah sakit,\” ujarnya.

Baca Juga  Vaksin Covid-19 Jadi Syarat, Penyintas Perlu Diakomodir

Untuk diketahui, Program Quick Respon SIAP ini akan segera di luncurkan pada pertengahan Oktober 2018. Lewat aplikasi ini masyarakat bisa menyampaikan pengaduan melalui WEB rsudam.lampungprov.go.id, Email humasrsudam23@gmail.com, WA/SMS Nomor 0821 8182 4557, IG @rsamlampung, FB Rumah Sakit Abdul Moeloek, Kotak Saran, maupun Surat Kabar. Dan semua pengaduan akan diteruskan oleh Quick Respon SIAP ke bagian terkait. (Aby)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *