oleh

RSUDAM Gelar Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit Gratis

Bandarlampung (Netizenku.com): Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Provinsi Lampung selenggarakan bakti sosial I operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis, di Instalasi Bedah Central RSUD Dr. H. Abdul Moeloek, Sabtu (7/9).

Acara ini dihadiri oleh Jajaran Direksi, Tim Operasi Bedah Plastik, SPI, Komite Medik, Komite Keperawatan, Komite Etik dan Hukum serta komite lainnya, Pejabat Esselon III dan IV , Kepala-Kepala SMF dan Kepala-Kepala Instalasi, Supervisor, Kepala Ruangan, dan Pejabat Fungsional di lingkungan RSUDAM serta tamu undangan lainnya.

Jumlah pasien yang mengikuti operasi bibir sumbing ini berjumlah 14 anak. Operasi bedah plastik jenis bibir sumbing ini dipimpin oleh dr. Bobby Suardana.

Baca Juga  Pendaftaran Pasien di RSUDAM Kini Sudah Bisa Lewat Online

Dalam sambutannya Direktur Utama RSUDAM, dr. Hery Djoko Subandriyo, MKM mengatakan, pelaksanaan acara bakti sosoal operasi bibir sumbing dan langit-langit dilaksanakan untuk mengatasi kecacatan yang dikarenakan adanya gangguan penyatuan bibir, gusi atau langit-langit yang terjadi pada kehamilan trisemester pertama dari penelitian biasanya disebabkan karena keturunan, perkawinan keluarga dekat, kurang gizi, infeksi saat kehamilan dan lain-lain.

\”Dengan lajunya pertambahan kelahiran, angka terjadinya kelahiran dengan bibir sumbing diperkirakan 1: 800 kelahiran hidup. Untuk mengatasi kecacatan tersebut, perlu pendekatan psikologis orang tua dan keluarga, karena kecenderungan memperlakukan anak, tidak semestinya dengan menyembunyikan mereka dari pergaulan sosial,\” ucap Hery.

Baca Juga  KNPI dan Klasika Kecam Bom Gereja Katedral Makassar

Ia melanjutkan, pengetahuan tentang penanganan sumbing perlu sekali dipahami, agar orang tua dan keluarga terbuka mencari pertolongan buat anaknya.

Hal lain yang menjadi masalah bagi keluarga tambahnya, adalah pembiayaan operasi yang tentunya tidak murah, dan memerlukan operasi rekonstruksi bertahap, agar perkembangannya mendekati anak normal.

\”Dengan diadakannya kegiatan Bakti sosial kesehatan operasi bibir sumbing dan langit-langit ini, diharapkan dapat meringankan beban penderita, orang tua dan keluarga, untuk membantu menyelesaikan masalah. Kita menginginkan, kegiatan ini lebih menyadarkan bahwa kita bisa secara bersama-sama menolong penderita bibir sumbing dan langit – langit, segala keterbatasan yang menjadi kendala dalam membantu penderita cacat sumbing dan langit-langit, akan diselesaikan bersama untuk tujuan yang sangat mulia,\” ungkapnya.

Baca Juga  Efek Pilkada, Jalanan Bandarlampung Jadi tak Biasa

Untuk diketahui, dalam melaksanakn operasi ini, RSUDAM bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estik Indonesia (PERAPI REGIONAL SUMATRA). Bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian sosial RSUDAM terhadap masyarakat di Lampung sehingga dapat terwujudnya RSUD dr. H. Abdul Moeloek menjadi sahabat masyarakat menuju Lampung sehat. (*Aby).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *