oleh

Ratusan Ayam Petelur Mati Direndam Banjir

Tulangbawang Barat (Netizenku): Warga dan pengguna jalan di seputaran wilayah Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, kiranya dapat menghindari Jalan Tirta Kencana-Mulya Kencana, Tirta Kencana-Penumangan, dan Candra Jaya-Mulya Asri (Kalimiring). Sebab pada ketiga ruas jalan tersebut masih tergenang air akibat curah hujan semalaman.

Di ruas Jalan Candra Jaya-Mulya Asri, tepatnya di tikungan Kalimiring, air merendam badan jalan sepanjang hampir 500 meter, dengan ketinggian air mencapai lutut orang dewasa dan arus air lumayan deras. \”Kalimiring Candra Jaya banjir, ketinggian air rata-rata 30-40 cm dan arus lumayan deras, hati-hati bagi pengguna jalan yang akan melintas,\” ungkap Suryana, warga setempat, Sabtu (10/3).

Baca Juga  Mengaku Kagum, Umar Ahmad Bangun Rumah Adat Baduy di Tubaba
\"\"

Sedangkan pada ruas Jalan Tirta Kencana-Penumangan juga tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, akibat jalan yang tergenang air hingga paha orang dewasa dan arusnya sangat deras.

Selain menggenangi jalan, air juga merendam puluhan rumah di sekitarnya, tepatnya di Rk 8 Tirta Kencana. Amin (45), warga tiyuh setempat saat ditemui di lokasi banjir menceritakan, sekitar pukul 3:00 wib pagi dirinya bangun hendak melakukan persiapan sholat subuh, saat menginjakkan kakinya ke lantai dirinya kaget ternyata air sudah masuk rumah.

\”Saya kaget lantai sudah terendam air, dan ketinggiannya sampai sepinggang orang dewasa. Saya pun langsung membangunkan istri dan anak saya untuk mengungsi di dataran yang tinggi dan menyelamatkan barang-barang di rumah. Kalau masalah kerugian gak ada. Cuma semua perabotan basah, dan dua sepeda motor kami rusak akibat terendam air,\” terangnya.

Baca Juga  DPRD-PWI Tubaba Audiensi Jalin Kemitraan Pers
\"\"

Tidak hanya dirasakan Amin, dampak banjir juga dialami Suri. Perempuan satu ini justru mengalami kerugian materiil yang tidak sedikit. Sebab ratusan ayam petelur miliknya mati akibat terendam air. Kerugian nyaris serupa juga dialami Dul. Dirinya mengaku mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. Pasalnya, semua isi kios warungnya tidak bisa dijual lagi karena sudah direndam air. \”Kami berharap pemerintah bisa memberikan solusi agar di sini tidak selalu kebanjiran,\” keluh Dul.

Baca Juga  Pemkab Tubaba Siap Gandeng Mahasiswa KKN Kebangsaan Bangun Daerah

Sementara di ruas jalan Tirta Kencana menuju Mulya Kencana, debit air mencapai 1 meter sehingga ruas jalan tersebut putus total tidak dapat dilalui kendaraan. \”Sekitar jembatan Jalan Tirta Kencana-Mulya Kencana banjir hingga setinggi paha orang dewasa, ruas jalan sama sekali tidak bisa dilalui, saya tidak jadi melintas,\” kata Aris, warga Kagungan Ratu, Tulangbawang Udik, saat hendak berangkat kerja dan urung melintasi jalan tersebut. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *