BERBAGI

Pringsewu (Netizenku.com): Pembahasan anggaran, dalam penanganan pencegahan virus Covid-19, tim banggar anggota DPRD Kabupaten Pringsewu, bersama tim OPD dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Sekda, Budiman, di ruang rapat DPRD setempat, Senin (6/4).

Seusai rapat, Budiman mengatakan kepada wartawan untuk penanganan penyebaran virus Covid-19 akan diambil berupa efisiensi anggaran sebesar 30 persen, sumber dari perjalanan dinas, makan minum, sosialisasi dan bimtek.

“Dari keseluruhan anggaran dana efisiensi dari setiap OPD tersebut diperkirakan angkanya lebih kurang Rp19 miliar,” kata Budiman kepada wartawan.

Budiman menjelaskan, sebelumnya sudah pernah ada pembahasan tentang efisiensi anggaran, tetapi hanya dari 4 OPD, yakni Dinkes Rp1,3 miliar, Sekretariat Pemkab Rp800 juta, Dinas PUPR Rp700 juta dan Sekretariat DPRD Rp400 juta. Sehingga Total keseluruhan Rp4,2 miliar.

Dengan adanya perubahan efisiensi karena tidak diketahui kapan pencegahan penyebaran Covid-19 akan berakhir yang pasti Pemkab Pringsewu akan berusaha untuk masyarakat.

“Oleh karena itu masing-masing OPD secepatnya akan membahas kembali tentang anggaran tersebut, paling lambat 7 hari dari keputusan Menteri, untuk sekarang Sekretariat Pemkab Pringsewu sekarang menambah efisiensi sekitar Rp400 juta, yang sebelumnya dianggarkan hanya Rp800 juta, sehingga total keseluruhan Rp1,2 miliar, tinggal menunggu anggaran dari setiap OPDnya,” tuturnya.

Sekda menambahkan di luar efisiensi anggaran setiap OPD, setiap pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Pringsewu akan mendonasikan penghasilannya 10 persen dari Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) untuk penanganan Covid-19. Bukan pemotongan (TPP) tetapi sukarela karena hal tersebut dilakukan sudah menyangkut tetang hidup mati orang banyak, terhadap virus Covid-19 ini.

“Adapun dana tersebut oleh pejabat eselon II dan eselon III langsung ditransfer ke rekening posko penanganan Covid-19, seandainya pejabat eselon IV dan staf yang juga ingin mendonasikan dana bantuan bencana virus Covid-19, langsung saja mentrasfer ke rekening penanganan Covid-19,” jelasnya.

Di tempat yang sama ketua DPRD Kabupaten Pringsewu, Suherman, mengatakan setiap anggota DPRD sudah bergerak dalam penanganan penyebaran virus Covid-19, baik pribadi maupun bersama partai.

“Seluruhnya, baik ketua, wakil ketua I, wakil ketua II, bersama anggota DPRD Kabupaten Pringsewu, juga menyiapkan anggaran lebih kurang sebesar 1.5 miliar sampai 2 miliar dengan mengurangi anggaran perjalanan dinas,” ujar Suherman. (Reza/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here