BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Calon wakil bupati (Wabup) Lampung Timur (Lamtim) dimungkinkan tidak akan diisi lagi, karena sampai saat ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Timur masih belum menerima nama calon Wabup dari partai pengusung.

Ketua DPRD Lamtim, Ali Johan Arif mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima nama yang diusulkan menjadi Wabup dari partai pengusung. Memang sebelumnya ada satu calon yang diusulkan bupati, yakni dari Partai Demokrat, sedangkan calon dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih belum disampaikan.

“Kalau DPRD Lamtim memang sudah menerima satu usulan nama calon wakil bupati yang disampaikan Bupati, Zaiful Bokhari, tetapi itu belum bisa dibahas karena yang diusulkan baru satu. Sementara dalam aturan, bupati harus menyampaikan dua nama ke DPRD untuk dibahas dan ditetapkan sebagai Wabup di sisa masa jabatan,” urainya.

Kemudian sesuai dengan perundang-undangan yang ada, batas akhir pengajuan nama calon dari partai pengusung sampai akhir bulan Januari kemarin. Karena nama calonnya belum diusulkan sampai bulan Januari kemarin sesuai batas waktu yang diatur oleh undang-undang, maka hal ini akan dilaporkan ke provinsi.

“Kita akan koordinasi lagi dengan pemerintah provinsi, nanti akan kita utus pak Sekwan untuk melakukan koordinasi dengan Pemprov Lampung,” ungkapnya, Rabu (5/2).

Masih dikatakannya, sebelumnya diketahui bahwa pada pemilihan 2015 silam, bupati dan wabup terpilih diusung dari PKB dan Demokrat, maka kedua Partai itu berhak mengusulkan nama calon wabup kepada Bupati Lamtim. Karena masih satu nama yang disampaikan oleh bupati, maka DPRD Lamtim belum bisa menetapkan karena harus ada dua calon. Karena mengingat waktu batas pengajuannya sudah lewat, maka DPRD Lamtim akan berkoordinasi dengan provinsi.

Sementara itu Ketua DPC PKB Lamtim, Ahmat Basuki saat ditanya terkait calon wakil bupati yang akan diusulkan ke bupati Lamtim, Ia menyampaikan bahwa sampai saat ini pihaknya belum menerima keputusan dari DPP PKB. Kalau dari DPC PKB Lamtim sudah mengusulkan 3 nama kader yang diantaranya Ridhalatul Aliyah, Muslim Ro’is dan Ahmad Basuki.

“Kalau usulan sudah kita sampaikan, namun sampai saat ini keputusan dari DPP PKB terkait siapa dari ketiga nama tersebut yang akan ditetapkan belum turun,” ungkapnya. (Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here