PGN Raih Penghargaan Top CSR Awards 2021

Redaksi

Jumat, 23 April 2021 - 21:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bandarlampung (Netizenku.com): Berkat komitmen menjalankan tanggung jawab sosial dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sosial, ekonomi masyarakat, dan lingkungan, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mendapatkan Top CSR Awards 2021 #Star 4 dari Majalah Top Business, (22/4).

Dengan didapatkannya Top CSR Award 2021 Bintang 4 menunjukkan bahwa sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR di PGN berada di level “Sangat Baik” dan mendukung strategi bisnis perusahaan. Baik dimasa Pandemi COVID-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, menjelaskan bahwa CSR perusahaan yang berada di level bintang 4 terkait dengan keselarasan program CSR dan strategi bisnis perusahaan menggunakan inisiatif CSR yang mengadopsi CVS (Creating Shared Value) dan ISO 26000 SR. Adapun ISO 26000 merupakan panduan tingkat internasional mengenai Tanggung Jawab Sosial perusahaan (CSR).

“Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PGN, Suko Hartono, ditetapkan sebagai salah satu Top Leader on CSR Commitment 2021,” kata Rachmat.

Penghargaan yang diberikan kepada Business Leader perusahaan, karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan tata kelola dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan. Mengingat tata kelola dan keberhasilan CSR perusahaan akan sulit dicapai secara efektif apabila Top Business Leader tidak memiliki komitmen yang tinggi terhadap CSR perusahaan.

“Secara aktif dan berkelanjutan, PGN terus menjalankan program pengembangan masyarakat, melibatkan berbagai unsur masyarakat. Dukungan dari masyarakat khususnya disekitar wilayah operasi PGN menjadi bagian penting bagi kemajuan PGN. Untuk itu, PGN juga berinvestasi melalui program CSR agar kehadiran PGN memberikan manfaat sosial maupun ekonomi bagi masyarakat,” kata Rachmat.

Salah satu wujud implementasinya yaitu pembangunan desa-desa di sekitar wilayah operasi untuk menjadi desa yang maju dan mandiri, sehingga dapat menunjang pembangunan berkelanjutan. Desa Binaan PGN antara lain Desa Teluk Terate di Serang, Desa Sriminosari di Lampung, Desa Pagardewa di Muara Enim, dan Kelurahan Tembesi di Batam.

Baca Juga  Serunya Silaturahmi di bulan Ramadan dengan Freedom Internet dari IM3

“Program-program yang diselenggarakan di desa binaan bermacam-macam. Di Desa Sriminosari Lampung misalnya, PGN membantu dalam pembentukan BUMDES Tridaya Minosari Prima, fasilitas air isi ulang, microfinance, BUMDESMart, dan pariwisata,” papar Rachmat.

PGN bekerjasama dengan pemerintah setempat dan Lembaga konsultan agar upaya pelatihan pendampingan, permodalan, pembentukan kelembagaan, pemasaran, dan infrastruktur pada program-program desa binaan dapat berjalan lancar.

PGN pun berkontribusi dalam pembangunan dan pembinaan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah. Balkondes dibangun untuk menguatkan layanan dan meningkatkan kunjungan wisatawan dengan penyediaan layanan kamar homestay.

“Pengelolaan Desa Wisata Karangrejo yang sangat baik berhasil menarik perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat beliau berkunjung ke sana. Bulan lalu, Desa Karangrejo mendapatkan sertifikasi sebagai Desa Wisata Berkelanjutan dari Kemenparekra RI,” ujar Rachmat.

Baca Juga  Sektor Jasa Keuangan yang Kuat dan Stabil Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

PGN juga berkomitmen membantu pemerintah dalam menangani dampak pandemi COVID-19 di masyarakat. Secara total, PGN Grop telah mengeluarkan dana sekitar 19,9 Milyar untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Bersama dengan Anak Perusahaan, PGN memberikan bantuan berupa sembako, masker, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan, dan perlengkapan APD untuk tenaga medis di berbagai daerah.

“Kami berterima kasih kepada penyelenggara dan segenap dewan juri yang telah mempercayai PGN sebagai salah satu penerima penghargaan. Dari penghargaan ini, dapat menjadi sarana pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas CSR dalam mendukung bisnis perusahaan yang berkelanjutan,” tutup Rachmat. (Leni)

Berita Terkait

IOH-Lintasarta Jalin Kerja Sama Strategis dengan Pemkab Tubaba
Kolaborasi Smartfren for Business dan AXA Insurance Dukung Pertumbuhan UKM Indonesia
Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Gubernur Minta TPID Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok
Sektor Jasa Keuangan yang Kuat dan Stabil Dukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan
Going Global, PGN Deal Jual Beli Kargo LNG Internasional
PMB Institut Teknologi PLN Siapkan 250 Kuota Program Ikatan Kerja
BI Lampung: Pemulihan Ekonomi Lampung TW IV 2023 Semakin Kuat
IOH Catatkan Pertumbuhan Solid di Seluruh Lini Bisnis

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:49 WIB

Gubernur Lampung Resmikan RSH Kota Metro

Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:49 WIB

Bangkit Haryo Utomo Buka Safari Dongeng Kota Metro

Kamis, 22 Februari 2024 - 19:57 WIB

PKS Metro Antar Lima Anggotanya ke Kursi Legislatif

Selasa, 20 Februari 2024 - 20:50 WIB

Wakil Walikota Metro Dukung Kelurahan Sesuai Kebutuhan

Minggu, 11 Februari 2024 - 12:52 WIB

Usai Salat Subuh, Walikota Metro Sapa Pasien RSUD Ahmad Yani

Jumat, 27 Oktober 2023 - 18:37 WIB

Presiden Tinjau Sarana Prasarana SMKN 3 Metro

Senin, 18 September 2023 - 22:50 WIB

UTD PMI Kota Metro Pastikan Stok Darah Cukup

Selasa, 22 Agustus 2023 - 22:58 WIB

Literasi Masuk Raperda Usul Inisiatif Kota Metro

Berita Terbaru

Lampung

Pemprov Lampung Bakal Tebar 525.000 Benih Ikan Endemik

Senin, 4 Mar 2024 - 16:02 WIB

Rayon PMII ketika mengabadikan momen disela-sela perhelatan RTAR. Foto: Kiriman WA Dimas.

Edukasi

PMII Rayon Pertanian Gelar RTAR

Senin, 4 Mar 2024 - 01:10 WIB

Pesawaran

Dendi Tinjau Kondisi Tanggul Jebol di Desa Bunut

Minggu, 3 Mar 2024 - 18:54 WIB