oleh

Pemprov Minta ASN Lebih Kreatif dan Inovatif

Bandarlampung (Netizenku.com): Gubernur Lampung, Muhammad Ridho Ficardo meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah provinsi (Pemprov) lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, karena ASN adalah garda terdepan pelayanan publik.

Pesan tersebut disampaikan Kepala Inspektorat Provinsi Lampung, Syaiful Dermawan dalam Upacara mingguan di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Senin (6/8).

Menurut Syaiful, dinamika penyelenggaraan pemerintahan semakin hari semakin kompleks, terutama dalam menghadapi tantangan era digital dan revolusi industri 4.0 yang telah memasuki hampir pada seluruh sendi kehidupan.

Baca Juga  Bantu Korban Bencana Sulteng, DPRD Bandar Lampung Sisihkan Gaji

“Pengembangan Riset, Teknologi dan Inovasi menjadi suatu keniscayaan dalam menterjemahkan fokus dan arah kebijakan pembangunan Provinsi Lampung yang linier dengan perkembangan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Syaiful mengatakan, pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi difokuskan pada kontribusi secara nyata dalam peningkatan mutu kebijakan publik yang hasilkan ke depan.

“Sudah saatnya dirumuskan dan dikembangkan mekanisme serta prosedur standar dalam penyusunan kebijakan publik berbasis riset yang bertujuan dapat menetapkan prioritas kebijakan dan program yang solutif dan tepat sasaran,” kata Syaiful.

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini Pemprov Lampung sedang melaksanakan dan menyelesaikan agenda pembangunan. Baik yang bersifat jangka panjang maupun dalam waktu dekat pelaksanaanya. Pembangun tersebut, paparnya antara lain perwujudan sertifikasi kompetensi tenaga kerja dalam Program Lampung Kompeten melalui Link and Match antara pendidikan dan industri, Pembangunan Sektor Kemaritiman melalui Program Gerbang Pelana dan Program Peningkatan Daya Saing Provinsi Lampung melalui pengembangan potensi dan keunggulan daerah.

Baca Juga  Kadisnakertrans Lukmansyah Lepas 26 PNS Purna Bhakti

Lalu, Program Klaster Inovasi Ubi Kayu dan Revitalisasi Lada Lampung, Perbaikan dan Pengembangan Infrastruktur Sistem Transportasi Logistik seperti Jalan Tol, Bandar Udara dan Pelabuhan, serta Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan.

“Pemprov Lampung juga melakukan Perwujudan Tata Kelola Pemerintahan dan Pengembangan Kawasan Industri, dan Revitalisasi Lada, Rencana Induk Perkeretaapian daerah Lampung dan Konsep Agrofirestry kopi,” ujarnya.

Baca Juga  Amdal Tiga Perusahaan Bandarlampung Direvisi

Syaiful berharap kapada seluruh jajaran birokrasi di lingkungan Pemprov Lampung untuk dapat selalu berperan aktif dan kreatif dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan dan pemerintahan.

“Semangat untuk terus bekerja keras dan cerdas sebagai perwujudan cita-cita luhur untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (*Aby)

Komentar