BERBAGI

Lampung Timur (Netizenku.com): Sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, pemerintah kabupaten Lampung Timur melaksanakan upacara Hari Pahlawan, di Lapangan Merdeka Sukadana Lampung Timur, Minggu (10/11).

Dalam upacara tersebut hadir Bupati, Zaiful Bokhari, Kapolres, AKBP Taufan Dirgantoro yang juga bertindak sebagai inspektur upacara, Dandim 0429, Muhammad Darwis, Wakil Ketua DPRD, Akmal Fatoni, Sekretaris Daerah Kabupaten, Syahrudin Putera, para staf ahli, asisten, kepala OPD dan kepala bagian, serta Camat se-kabupaten Lampung Timur.

Usai menggelar upacara peringatan hari pahlawan dilanjutkan dengan melakukan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Dharma Nusantara yang ada di kecamatan Sukadana.

Seperti yang sudah menjadi ketetapan pemerintah Republik Indonesia bahwa setiap tanggal 10 November seluruh bangsa dari pelosok negeri ini memperingatinya sebagai hari Pahlawan. Hal tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur. Ada pun tema yang diangkat pada peringatan hari pahlawan 10 November 2019 ini ialah “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia yang dibacakan oleh Kapolres Lampung Timur, AKBP Taufan Dirgantoro menyampaikan, upacara peringatan ini bukan hanya bersifat seremonial semata tetapi dapat diisi dengan berbagai akivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi, untuk itu marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” katanya.

Seusai melakukan ziarah, Bupati Zaiful Bokhari mengajak masyarakat untuk mengingat adalah generasi penerus yang harus ingat jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan Republik Indonesia.

“Oleh karena itu, saya mengajak kita semua terutama kepada para generasi muda yang merupakan generasi penerus untuk selalu ingat dengan sejarah jangan sampai lupa dengan sejarah, maka melalui momentum ini mari kita mengingat jasa-jasa para pahlawan kita yang telah rela mengorbankan jiwanya untuk kemerdekaan negara kita ini,” ungkapnya.

Masih dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur tersebut, bahwa saat ini Pemerintah Lampung Timur masih terus berusaha untuk menjadikan sejumlah pejuang Lampung Timur untuk menjadi pahlawan nasional.

“Kita masih terus berusaha melalui kementrian sosial agar para pahlawan yang ada di Lampung Timur bisa masuk sebagai pahlawan nasional, sampai saat ini kita masih terus berupaya dan mudah-mudahan tidak lama lagi hal itu akan membuahkan hasil,” ungkapnya. (Nainggolan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here