oleh

Peluang Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Nelayan Waspada

Bandarlampung (Netizenku.com): Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa gelombang tinggi berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 6 hingga 7 Desember 2021 mendatang.

Prakirawan BMKG Satasiun Meteorologi Maritim Lampung, Rifki Arif, mengatakan beberapa wilayah perairan Lampung berpotensi terjadi gelombang dengan ketinggian 4 hingga 6 meter.

“Gelombang tinggi BISA terjadi di perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat, dan Samudra Hindia barat Lampung,” kata Arif saat dimintai keterangan pada Senin (6/12).

Baca Juga  Pemprov  Setujui 12 Raperda Usul Inisiatif DPRD 

“Ketinggian gelombang disebabkan kondisi sinoptik dimana daerah tekanan rendah terpantau di Samudera Hindia barat daya Lampung, memberi dampak tidak langsung pada ketinggian gelombang dan pembentukan awan di perairan Lampung,” jelasnya.

Ia juga mengatakan beberapa ke depan juga seluruh wilayah Lampung berpotensi turun hujan dengan intensitas sedang dengan kecepatan angin 2-30 knot.

Baca Juga  SMSI Dukung Pemilik Media Siber Maju Pencalonan Ketua PWI Lampung

Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. Untuk itu, BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, terutama bagi nelayan.

“Bagi para nelayan sebelum melaut harus tahu persis kondisi angin dan gelombang, jika sinyal dari BMKG berwarna merah maka disarankan untuk tidak melaut. Bagi pengguna jasa transportasi penyeberangan juga kalau bisa jangan melakukan perjalanan saat malam,” pungkasnya.(Agis)

Baca Juga  Novotel Lampung Realisasikan Program Sosial Kemanusiaan Donor Darah