oleh

Parosil: Lamban Pancasila adalah Kado Terakhir

Liwa (Netizenku.com) : Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Dr.(HC). dr. Hasto Wardoyo, SP.OG.(K), meresmikan Lamban Pancasila di komplek Pemkab Lampung Barat, yang akan dijadikan sebagai pusat budaya, dalam rangka menjaga kerukunan dan kebersamaan, Kamis (24/11).

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus yang mempunyai ide besar membangun Lamban Budaya yang diberi nama Lamban Pancasila jelasnya, saat sambutan dengan mimik terharu, bahwa Lamban Pancasila tersebut merupakan kado terakhir dia bersama wakil bupati Mad Hasnurin.

“Saya bersama pak wakil akan purna tugas sekitar 27 hari lagi, tepatnya 11 Desember mendatang, ini persembahan atau kado terakhir kami, manfaat dan rawat dengan baik, untuk kerukunan dan kebersamaan, sesuai dengan¬† nilai-nilai Pancasila,” harapnya.

Pembangunan Lamban Pancasila kata Parosil, selaras dengan salah satu program yang telah digulirkan, yakni beasiswa seni dan budaya, tujuan utamanya adalah melestarikan dan mempromosikan adat istiadat Lampung Barat, yang selama ini berperan penting, bahwa daerah ini tidak terjadi konflik dalam berbagai hal.

Baca Juga  Lima Anggota Polres Lambar Raih Penghargaan Kapolres

“Orang yang berbudaya dan menjujung tinggi adat adalah orang yang beradab, mengutamakan musyawarah mufakat, Alhamdulillah tidak pernah terjadi konflik sosial, maka saya titip untuk dijaga, apalagi di Lamban Budaya, kita berikan ruang kepada empat Kepaksian Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Bekhak dan Marga Liwa,” jelasnya.

Tetapi kata Parosil Lamban Pancasila tersebut bukan segalanya, yang telah dilakukan selama mengemban amanah, ada program bidang pendidikan berupa pembagian tiga stel seragam gratis, serta sejumlah program lain, sehingga berdasarkan hasil survey 92 persen masyarakat puas dengan kebijakan yang sudah kita jalankan.

Baca Juga  19 Anggota PWI Lambar Terima Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Pada kesempatan tersebut juga Parosil, menyampaikan bahwa pada Pemilu 2024 dia ditugaskan ketua umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk maju sebagai calon anggota DPRD Lampung, sebelum ditetapkan kembali mencalonkan diri sebagai bupati Lampung Barat, periode 2024-2029.

“Kenapa saya mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Lampung, karena merupakan perintah ketua umum partai saya, mohon dukungan dan doanya, sebelum nanti kembali maju sebagai calon bupati pada Pilkada serentak yang juga akan dilaksanakan 2024,” harapnya.

Sementara, kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo, mengatakan sangat layak apabila dalam memimpin Lampung Barat bupati Parosil Mabsus berhasil dalam menjalankan tugas, karena sebelum dilantik telah melakukan roadshow ke berbagai kabupaten/kota dalam rangka belajar bersama.

“Saya tahu Pak Parosil setelah menang Pilkada 2017, tetapi belum dilantik beliau mengunjungi berbagai daerah yang kepala daerahnya mendapat predikat berhasil dari pemerintah pusat, termasuk saya yang saat itu bupati Kulon Progo DI Jogjakarta, kami melakukan pembelajaran bersama, berbagi ilmu, jadi sangat pantas kalau 92 persen masyarakat Lampung Barat puas,” kata dia.

Baca Juga  Hari Libur pun, Parosil Tak Berhenti Matangkan Persiapan Festival Kopi Lambar

Sekedar diketahui, pada kegiatan peresmian Lamban Pancasila tersebut, masyarakat yang hadir disuguhi penampilan  berbagai seni budaya, baik drama, tari-tarian dari berbagai propinsi, juga dihadiri wakil ketua BPIP Karjono, anggota DPR RI Mukhlis Basri, kepala Balai Pelestarian Budaya Jambi, staf ahli gubernur, anggota DPRD Lampung Lesty Putri Utami, Dandim 0422, Kapolres, wakil bupati Mad Hasnurin dan pemimpin adat Kerajaan Paksi Pak Sekala Bekhak dan Sai Batin Marga Liwa. (Iwan).