oleh

Melongok Monumen Pers Nasional, Gudang Koleksi Suratkabar

Surakarta (Netizenku): Kepala Monumen Pers Nasional, Suminto Yuliarso, meminta perusahaan pers media cetak dapat mengirimkan hardcopy surat kabarnya ke Monumen Pers Nasional di Surakarta, Solo, untuk dijadikan koleksi dan arsip nasional.

\”Kalau bisa surat kabar di Lampung juga mengirimkan hardcopy surat kabarnya ke Monumen Pers untuk diarsipkan, dan ini berdampak positif bagi perusahaan pers itu sendiri,\” ungkapnya, saat memberikan gambaran tentang sejarah dan keberadaan Monumen Pers Nasional saat ini kepada rombongan pengurus PWI Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, yang tengah melakulan safari jurnalistik ke Solo, Jum\’at (3/3).

Baca Juga  Lampung, KPK dan Politik Uang

Suminto mengatakan, surat kabar yang rutin mengirimkan media, kemudian akan digitalisasi oleh pengelola monumen, dan menjadi koleksi bagi monumen ini yang merupakan tonggak sejarah perjuangan pers di Indonesia yang sudah berdiri sejak 100 tahun silam.

\"\"

\”Ribuan surat kabar ada di sini baik skala nasional maupun internasional, kami juga mempunyai server sendiri untuk menyimpan surat-surat kabar yang dikirim ke kami yang telah di digitalisasi,\” terangnya.

Kegunaan pengiriman surat kabar tersebut, lanjut dia, bisa dinikmati oleh warga dari seluruh wilayah di Indonesia, mengingat dalam sehari pihak monumen melayani sedikitnya 100 pengunjung. Para pengunjung itu baik dari kalangan pelajar, wartawan, dan media asing yang sedang melakukan riset.

Baca Juga  Madrasah Relawan Berbagi Nasi Bungkus dan Pesan Beribadah
\"\"

Kelebihan lain, kata Suminto, ketika terjadi sesuatu dalam perusahaan pers media cetak bersangkutan dan aeandainya arsip perusahaan semuanya raib, maka bagi media yang rutin mengirimkan ke monumen maka dapat memperoleh arsip digitalnya di Monumen Pers Nasional. \”Manfaat ini sudah dirasakan oleh suratkabar Pikiran Rakyat, ketika arsip koran mereka habis terbakar, tapi mereka bisa memilikinya kembali dengan meminta arsip digital ke Monumen Pers Nasional,\” timpalnya.

Baca Juga  Balada Pembuat Kapal Kayu, \"Gaji PNS Lewat Sama Upah Kami\"
\"\"

Atas kunjungan jurnalistik PWI Tubaba, Lampung tersebut, Suminto merasa sangat bahagia dan mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di Monumen Pers Nasional. \”Kehadiran PWI Tubaba di Monumen Pers Nasional ini bertepatan pada Hari Jum\’at, semoga menjadi berkah bagi kita semua,\” harapnya.

Kedatangan rombongan pengurus PWI Tubaba  juga disambut oleh Ketua PWI Khusus Surakarta, Anas Syahirul, sekretaris, dan beberapa pengurus lainnya. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *