BERBAGI

Liwa (Netizenku.com): Pemkab Lampung Barat telah menerima vaksin sinovac tahap kedua, sebanyak 300 vial dan saat ini telah disimpan di Dinas Kesehatan setempat. Sementara jadwal pelaksanaan vaksinasi akan dimulai minggu ketiga bulan Maret.

Sekretaris Dinas Kesehatan Lampung Barat, Cahyani Susilawati, menjelaskan pihaknya telah menerima vaksin sinovac tahap kedua periode pertama. Siapa saja sasarannya, saat ini sedang dalam tahap pendataan.

“Dari 300 vial vaksin sinovac tersebut, sasaran yang akan menerima vaksin sebanyak 2.400 orang. Pelaksanaannya menunggu selesai pendataan sasaran dan disesuaikan dengan jadwal dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung pada minggu ketiga bulan Maret,” kata Susi, Selasa (2/3).

Dijelaskan Susi, untuk data sementara yang akan menjadi penerima vaksin tahap kedua periode pertama, diantaranya 34 orang anggota DPRD, 250 tenaga keamanan (TNI, Polri dan Pol PP), Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh masyarakat, tokoh agama, guru, atlet, pedagang pasar, serta pelayanan publik
(Bank BPJS BUMD Samsat).

“Secara ideal, dari satu vial bisa memvaksinasi 10 orang, tetapi kenyataannya hanya dapat diberikan kepada delapan orang. Maka, prioritas yang diberikan pada tahap kedua ini, pihak keamanan, anggota DPRD, kepala OPD dan dari 1.600 ASN yang diberikan pertama bagi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung, serta beberapa orang guru, tokoh masyarakat dan tokohagama,” jelasnya.

Menurut Susi, vaksinasi Covid-19 di Lampung tahap pertama berjumlah 1.220 orang, diantaranya bupati, ketua DPRD dan Forkompinda telah berjalan dengan baik. Sehingga untuk proses vaksinasi tahap kedua periode pertama, pihaknya optimis upaya negara mencegah penularan Covid-19 tersebut juga akan berjalan sukses.

“Alhamdulillah vaksinasi tahap pertama dari proses penyimpanan vaksin sinovac tidak ada kendala, proses vaksinasi tidak ada gangguan, semua vaksinator dapat menjalankan tugas dengan baik, penerima vaksin tidak ada keluhan, dan kami optimis pelaksanaan tahap kedua ini juga akan berjalan sukses, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat vaksin akan menyentuh 100 persen masyarakat Lampung Barat yang memenuhi kriteria,” katanya.

Sementara, Selasa (2/3), terdapat satu kasus baru positif Covid-19, yakni warga Kecamatan Sekincau. Dengan penambahan satu kasus tersebut, saat ini total masyarakat Lampung Barat yang sudah terpapar mencapai 399 orang.

“Untuk hari ini ada penambahan satu kasus baru, yakni warga Kecamatan Sekincau, mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi,” jelas Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Lampung Barat Bidang Komunikasi Publik, Erna Yanti, S. Farm, Apt, MPH. (Iwan/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here