BERBAGI
Klasika Buka Kelas Mondok Angkatan VIII
Klasika Buka Kelas Mondok Angkatan VIII.

Bandarlampung (Netizenku.com) : Kelompok Studi Kader (Klasika) akan membuka Kelas Mondok Angkatan VIII. Kegiatan akan berlangsung selama 40 hari (20 Agustus – 28 September 2020), di Rumah Ideologi Klasika.

Direktur Klasika Ahmad Mufid menyampaikan Kelas Mondok kali ini mengusung tema “Manusia, Bahasa dan Jerat Tanda”.

Tema tersebut diangkat sebagai upaya merespon realitas hari ini yang secara umum masyarakat mengalami kegagalan dalam membaca subteks dari setiap teks yang diterimanya.

Teks tidak hanya terbatas pada tulisan, tapi juga realitas dan fenomena sosial.

“Manusia hidup di tengah berjuta tanda dengan segala bentuk, nilai, dan maknanya. Dan kegagalan kita dalam mengurai atau menganalisis tanda kerap kali membuat kita terjebak dan bertengkar pada sesuatu yang sifatnya permukaan, tidak substansial,” kata Mufid, Rabu (12/8).

Selama menjalani kelas, para peserta akan mempelajari sejumlah pemikiran dari berbagai filsuf dunia.

Hal itu agar para peserta bisa memiliki perspektif dan mempertajam pisau analisis.

“Tujuannya agar peserta mampu melakukan analisis yang baik terhadap fenomena yang terjadi,” tuturnya.

Sementara itu Yogi Prazani selaku Penanggung Jawab Program Kelas Mondok mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah upaya untuk menjaga budaya intelektual di kalangan pemuda.

Menurutnya, budaya membaca dan berdiskusi kini semakin menurun.

“Selain belajar pemikiran-pemikiran, peserta dalam kelas mondok juga akan dilatih untuk mengoptimalkan tiga center dalam dirinya, yaitu physical center, emotional center, dan thinking center,” ujar Yogi.

Selama 40 hari, peserta akan menjalani aktivitas yang ketat dan disiplin waktu. Mulai dari membaca, menulis, berdiskusi, olah tubuh, salat, berdzikir, puasa, dan beberapa aktivitas kelompok lainnya.

Dalam kegiatan tersebut Klasika menerima peserta terbatas yakni 10 orang.

Peserta bisa mendaftar langsung di Rumah Ideologi Klasika Jalan Sentot Alibasa, Pembangunan A5 No 121 Way Dadi, Sukarame, Bandarlampung, mulai 11-19 Agustus 2020. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here