oleh

Kapuslitbang Polri Kunjungi Polres Pringsewu

Pringsewu (Netizenku.com): Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri, Brigjen Pol Drs Guntur Setyanto M.Si, bersama tim mengunjungi Polres Pringsewu Selasa (13/10). Kunjungan tersebut dalam rangka penelitian tentang Evaluasi dan Standarisasi Sistem Pengadaan Distribusi dan Peruntukan Senjata Api di lingkungan Polri.

Kedatangan tim Puslitbang disambut langsung oleh Kapolres Pringsewu, AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK, beserta sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan diikuti oleh responden dari masing-masing satfung pemegang senpi yang berjumlah 35 personel.

Dalam sambutannya, Kapuslitbang Polri menyampaikan bahwa kedatangannya bersama tim dalam rangka melaksanakan supervisi dan Evaluasi Standardrisasi Sistem Pengadaan Distribusi dan Peruntukan Senjata Api Laras Pendek di lingkungan Polri.

Baca Juga  Gadis Penipu Pegawai Hotel di Pringsewu Diamankan

“Sebagaimana amanah dari Perkap Nomor 5 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Mabes Polri, bahwa Puslitbang Polri merupakan unsur pendukung di bidang penelitian, pengkajian, dan pengembangan di tingkat Mabes Polri. Salah satu fungsinya adalah melaksanakan pengawasan, dan pemeriksaan terhadap mutu dari materiil di lingkungan Polri. Untuk itu, kegiatan penelitian saat ini merupakan bentuk implementasi dari amanah tersebut untuk mengetahui mutu dari senjata api laras pendek yang digunakan anggota Polri saat ini,” ujarnya.

Dilanjutkannya, tujuan dari penelitian ini untuk menemukan permasalahan yang dihadapi, terkait mutu dan faktor keamanan personel pemegang senjata api. Selain itu, akan dirumuskan rekomendasi dalam rangka menentukan standardisasi yang tepat terhadap peruntukan senjata api laras pendek jenis pistol bagi anggota pada masing-masing fungsi di lingkungan Polri.

Baca Juga  Bupati Pringsewu Resmikan Dua Pekon Persiapan

Kapuslitbang berharap, di dalam penelitian ini para responden dapat memberikan data secara faktual sehingga data yang diberikan dapat diolah menjadi informasi untuk merumuskan rekomendasi dalam mengatasi permasalahan, baik mutu maupun keamanan bagi anggota pemegang senpi.

“Kedatangan beliau ke sini untuk melakukan penelitian tentang Evaluasi dan Standardrisasi Sistem Pengadaan Distribusi dan Peruntukan Senjata Api Laras Pendek, sedangkan responden yang disasar adalah para personel yang membawa senpi laras pendek pada fungsi Reserse, Intel, Lantas dan Brimob,\” ujar Kapolres.

Baca Juga  Sekdakab Pringsewu Rakor Teleconference Pemprov Lampung

Lebih lanjut orang nomor satu di Polres Pringsewu itu mengatakan, tujuan dari penelitian tim Puslitbang Polri saat ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi terkait mutu dan faktor keamanan personel pemegang senpi.

“Permasalahan yang ditemukan tersebut selanjutnya oleh tim Puslitbang akan dirumuskan rekomendasi dalam rangka menentukan standarisasi yang tepat bagi personel pemegang senpi di setiap satfung,” pungkasnya. (Rz/len)

Komentar