Kapolda Lampung: ETLE ubah budaya masyarakat berlalu lintas

Redaksi

Selasa, 23 Maret 2021 - 20:15 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kapolda Lampung Irjen Drs Hendro Sugiatno didampingi Kapolresta Bandarlampung Kombes Yan Budi Jaya, Dandim 0410/KBL Kolonel (Inf) Romas Herlandes, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, dan unsur Forkopimda lainnya meluncurkan tilang elektronik atau ETLE di Mapolresta Bandarlampung, Selasa (23/3). Foto: Netizenku.com

Kapolda Lampung Irjen Drs Hendro Sugiatno didampingi Kapolresta Bandarlampung Kombes Yan Budi Jaya, Dandim 0410/KBL Kolonel (Inf) Romas Herlandes, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, dan unsur Forkopimda lainnya meluncurkan tilang elektronik atau ETLE di Mapolresta Bandarlampung, Selasa (23/3). Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional hari ini, Selasa (23/3). Ratusan kamera ETLE akan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kamera ETLE itu akan mengintai para pelanggar lalu lintas.

Hari ini, Selasa (23/3), Korlantas Polri meluncurkan tilang elektronik nasional serentak di 12 wilayah. Sebanyak 244 kamera ETLE tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Polda Banten, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Jawa Timur, Polda Riau, Polda Jambi, Polda Lampung, Polda Sumatera Barat, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Sulawesi Selatan.

Baca Juga  Trans Bandarlampung Belum Beroperasi Cegah Klaster Covid-19

Peluncuran ETLE di wilayah Polda Lampung berlangsung di Mapolresta Bandarlampung oleh Kapolda Lampung Irjen Drs Hendro Sugiatno didampingi Kapolresta Bandarlampung Kombes Yan Budi Jaya, Dandim 0410/KBL Kolonel (Inf) Romas Herlandes, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, dan Forkopimda setempat.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kapolda Lampung Irjen Drs Hendro Sugiatno mengatakan wilayah hukum Polresta Bandarlampung salah satu bagian dari ETLE yang dibangun lebih awal.

Hadirnya tilang elektronik nasional ini bertujuan untuk meningkatkan rasa disiplin berkendara di masyarakat serta meminimalisir adanya oknum-oknum yang melakukan pemerasan saat melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga  Jurnalis Lampung Dalam Pusaran Kekerasan, Pandemi, Korupsi

\”Kita berharap ETLE bisa merubah budaya masyarakat dalam berlalu lintas.Sehingga penegakan hukum kita lebih berkeadilan, tidak ada lagi interaksi antara pelanggar dengan kepolisian,\” kata Irjen Hendro.

Masyarakat diimbau untuk siap menyelesaikan pelanggaran dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Polda Lampung memasang kamera tilang di 5 titik dan 10 kamera pantau dan telah diujicobakan pada 4-5 Maret lalu. Dan penindakan pelanggaran lalu lintas lewat kamera ETLE mulai berlaku sejak diluncurkan.

\”Kamera yang terpasang akan ditambah lagi nanti oleh pemerintah daerah. Ini akan terus berkembang dan teknologinya akan terus kita perbarui bagaimana Bu Wali dan Polresta (bersinergi untuk) Bandarlampung dalam genggaman,\” pungkas Kapolda Irjen Hendro.

Baca Juga  Wali Kota Ajak Warga Kolaborasi Tegakkan Prokes 5M

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan kamera ETLE yang saat ini terpasang di jalan-jalan protokol akan ditambah hingga menjangkau wilayah kecamatan.

\”Pemerintah Kota Bandarlampung sekarang kan hanya protokol, mudah-mudahan ke depan per-kecamatan untuk sentral-sentralnya, supaya juga mengurangi kejahatan di Bandarlampung. Terimakasih banyak, mudah-mudahan PAD Bandarlampung terus meningkat,\” kata dia.

Penindakan pelanggaran lewat ETLE yang dilakukan bisa menjangkau kendaraan-kendaraan dengan pelat nomor polisi yang berbeda dengan daerah setempat sehingga semua kendaraan bisa ditindak tidak hanya khusus satu Polda. Bukti pelanggaran akan dikirimkan ke alamat pengendara lewat surat. (Josua)

Berita Terkait

YKWS: Banjir di Balam Bukan Semerta Bencana Alam
Libur Lebaran, Lonjakan Wisata Balam Capai 30 Persen
Tak Hanya Citra Garden, Pengembang Perumahan Diminta Proaktif
Soal Banjir, Dewan Nilai Pemkot Balam bak Pemadam Kebakaran
Awal Mei PDI-P Balam Buka Penjaringan, Eva Dwiana Masih Miliki Kans
PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H
PGN Pastikan Layanan Gas Bumi Aman dan Handal Selama Idul Fitri 1445 H
5.752 WBP Kanwil Kemenkumham Lampung Diusulkan RK Idul Fitri 2024

Berita Terkait

Jumat, 19 April 2024 - 20:05 WIB

Disnaker Lampung Bakal Turunkan Tim Pengawas dan Mediator untuk Selesaikan Permasalahan THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:59 WIB

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 April 2024 - 19:49 WIB

Realisasi penyaluran KUR Peternakan Lampung Capai Rp1,51 triliun

Kamis, 18 April 2024 - 21:58 WIB

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan

Kamis, 18 April 2024 - 20:42 WIB

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

Kamis, 18 April 2024 - 19:49 WIB

DPD PDI Perjuangan Santai Tanggapi Rumor Umar Ahmad-Edi Irawan

Kamis, 18 April 2024 - 13:38 WIB

Lampung Memperkaya Kalender Pariwisata dengan 90 Kegiatan Tahun 2024

Kamis, 18 April 2024 - 12:42 WIB

6 Trayek Baru Angkutan Perintis Lampung Diajukan

Berita Terbaru

Ilustrasi THR. Foto: Ist.

Lampung

Disnaker Lampung Catat 13 Pengaduan Ikhwal THR

Jumat, 19 Apr 2024 - 19:59 WIB