oleh

KA Premium, Hadiah PT KAI Untuk Lampung

Bandarlampung (Lentera SL): Masyarakat Provinsi Lampung mendapat hadiah istimewa di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung ke-54. Hadiah istimewa itu, berupa operasional Kereta Api (KA) Premium jurusan Baturaja (Sumatera Selatan)-Tanjungkarang (Bandar Lmapung).

Uji coba KA Premium ini berlangsung Rabu (21/3) dengan menempuh rute Stasiun Tanjungkarang-Kotabumi. “Kita ingin mencoba bagaimana KA Premium ini melintas di jalur Lampung, seperti apa kenyamannya, dan apa evaluasinya sebelum benar-benar beroperasi. Ini hadiah istimewa bagi masyarakat Lampung,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Qudratul Ikhwan.

Kehadiran KA Premium ini, kata Qudratul Ikhwan, dikarenakan jumlah penumpang KA Seminung yang selama ini melayani rute Kotabumi-Tanjungkarang terus meningkat tiap tahunnya. “Targetnya kehadiran KA Premium ini mampu mempercepat konektivitas penumpang dari Sumatera Selatan ke Lampung,” ujarnya.

Baca Juga  Dishub Ungkap 9 Titik Rawan Kemacetan di Lampung

Perjalanan perdana ini diikuti Kepala PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjungkarang, Suryawan, dan para mitra PT KAI. Uji coba menggunakan enam rangkaian termasuk KA Makan dan KA Premium.

Rencananya, KA Premium berangkat dari Stasiun Baturaja pukul 06.30 dan sampai di Stasiun Tanjungkarang pukul 13.00. Kemudian berangkat dari Stasiun Tanjungkarang pukul 15.30 dan dijadwalkan tiba di Stasiun Baturaja pukul 20.30 WIB. “Ini merupakan KA pertama yang melayani penumpang dari Lampung ke Baturaja,” kata Suryawan.

Baca Juga  Pastikan Listrik Aman, PLN UID Lampung Kunjungi Industri Oksigen

Mengenai tarif, Suryawan, mengatakan masih menggodoknya. Keputusan tarif akan ditetapkan direksi PT KAI. “Tarifnya tidak akan memberatkan, meskipun fasilitas yang ada di atas kelas bisnis,” kata Suryawan.

Dalam kesempatan itu, Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Franoto Wibowo menjelaskan, KA Premium berkapasitas 80 tempat duduk dengan fasilitas difabel bisa terisi 64 tempat duduk. KA buatan PT INKA ini memiliki restorasi, TV, AC sentral sehingga lebih sejuk, reclining seat, CCTV, support wifi, dan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Baca Juga  Pendapatan Kota Bandarlampung di APBD 2022 Diproyeksikan Rp2,3 Triliun

“Rangkaian kereta premium ini di rencanakan akan melayani masyarakat diwilayah provinsi Lampung dan Sumsel pada bulan mei 2018 dengan Rute Baturaja-Tanjungkarang PP. Diharapkan dengan ujicoba ini, dapat dilakukan evaluasi terkait kehandalan sarana baru kereta premium, pola operasional KA, serta pengaturan pelayanan penumpang di stasiun-stasiun, pada saat kereta premium tersebut resmi beroperasi,” tandasnya (Aby)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *