ITERA Bangun PLTS Terbesar Se-Indonesia

Redaksi

Senin, 10 Agustus 2020 - 20:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof Ir Ofyar Z Tamin. Foto: Ist

Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof Ir Ofyar Z Tamin. Foto: Ist

Bandarlampung (Netizenku.com): Memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) Ke-25, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan kegiatan webinar bertajuk Memaknai Hari Kebangkitan Teknologi Nasoinal, Senin (10/8/2020).

Dalam webinar tersebut, Rektor ITERA Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD menjadi pembicara, dengan dipandu moderator praktisi media Lampung Hadi Prayogo.

Kegiatan diawali dengan sambutan Gubernur Lampung Ir Arinal Djunaidi, yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Lampung Ir A Chrisna Putra NR.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rektor ITERA menyampaikan, sebagai perguruan tinggi negeri baru yang berbasis teknologi, ITERA yang berlokasi di Lampung bertekad menjadi center of excellence atau pusat unggulan bidang teknologi di Pulau Sumatera.

Hal tersebut merupakan cita-cita sekaligus amanah yang dibebankan pemerintah pusat kepada ITERA yang didirikan guna menyiapkan sumber daya manusia unggul di 2045 atau saat satu abad kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga  Soal Pengosongan Areal, Pemkot Kabulkan Permintaan Warga \'Kampung Pemulung\'

“ITERA mengembangkan program studi, dan melakukan riset dan inovasi yang berdasarkan permasalahan, dan kebutuhan serta potensi yang dimiliki Sumatera, karena ITERA ada untuk Sumatera,” ujar Prof Ofyar.

Prof Ofyar juga menyebutkan Sumatera sangat kaya potensi sumber daya energi, mulai dari sumber energi panas bumi, hingga energi baru terbarukan lain.

Untuk itu, sebagai bentuk inovasi di bidang teknologi, dalam waktu dekat, ITERA dengan menggandeng stakeholder akan membangun laboratorium Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di Indonesia.

PLTS ini nantinya dibangun di atas lahan seluas 1ha, di dalam kawasan kampus ITERA dan mampu menghasilkan 1MWp.

“Kekayaan yang dimiliki Sumatera harus kita kembangkan, sehingga menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat, tentunya dengan menggunakan sentuhan teknologi,” katanya.

Selain itu, ITERA juga berupaya menjadi pelopor dalam pengembangan bidang-bidang teknologi lain, seperti mendirikan berbagai program studi (prodi) yang dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0, seperti Prodi Teknologi Kosmetik, hingga Prodi Teknik Pekeretaapian.

Baca Juga  Itera Kampus Baru Paling Berkelanjutan Versi UI GreenMetric

Sementara di bidang teknologi astronomi, ITERA melalui Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) juga dalam waktu dekat akan membangun sebuah stasiun pengamatan astronomi skala internasional bekerjasama dengan negara Saudi Arabia.

\”Dalam momentum Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini ITERA ingin memohon dukungan dari seluruh stakeholder, karena ITERA berada di Provinis Lampung juga mengusung target menjadi center of excellence di Sumatera,” pungkas Prof Ofyar.

Sementara Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutan yang dibacakan Kadiskominfotik Provinsi Lampung Chrisna Putra NR menyampaikan, perkembangan teknologi di era modern sangat penting karena sejalan dengan kebutuhan.

Hal ini juga dipercaya dapat mempercepat kemajuan suatu daerah seperti Provinsi Lampung.

“Sebagai masyarakat berperadaban di era modern, khususnya Provinsi Lampung, terus beradaptasi dengan berbagi perkembangan yang ada termasuk teknologi. Perkembangan teknologi dan informasi untuk mengembangkan pemikiran dan aplikasi untuk kemajuan. Pendidikan yang concern di teknologi sangat mendukung kemajuan itu. Di Lampung kita memiliki ITERA yang merupakan perguruan tinggi yang fokusnya pada pendidikan teknologi,” kata Chrisna.

Baca Juga  Sebanyak 2.971 Peserta Lolos SBMPTN ITERA

Sementara Hadi Prayogo, di akhir webinar memaparkan  kesimpulan.

“ITERA sebagai institut teknologi pertama di Sumatera sangat berkomitmen memberikan sumbangsih dalam perkembangan teknologi di Indonesia, Sumatera dan khususnya Provinsi Lampung. Terbukti dengan hal yang telah dilakukan di ITERA dengan terobosan kurikulum baru, tenaga pendidik yang mumpuni secara kualitas dan kuantitas, hingga berbagai fasilitas yang telah ada yang akan dikembangkan ke depannya,” kata Hadi.

Pemerintah Lampung, lanjut Hadi, sangat berkomitmen untuk mendukung perkembangan teknologi termasuk mendukung keberadaan ITERA sebagai pusat pengembangan teknologi untuk Indonesia, untuk Sumatera dan Provinsi Lampung. (Josua)

Berita Terkait

PLN Cek kWh Meter Pelanggan untuk Cegah Bahaya Kebakaran
2 Unit Tambahan Mobil Pemadam Isi Pos Labuhan Ratu dan Telukbetung Utara
Ditutup Sementara, Gudang Bungkil Way Laga Diminta Keluarkan CSR
Kanwil Kemenkumham Lampung Gelar Coffee Morning dengan Insan Pers
Dispora Bakal Lakukan Digitalisasi Gelora Siger Way Halim
Dinilai Anggap Remeh, KPU Bandarlampung akan Didemo 
Gelora Siger Way Halim Ditarget Rampung Oktober
Partai Perindo Lampung Gelar Fit and Proper Test Calon Bupati dan Wakil Bupati Tubaba

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:12 WIB

Bupati Pesawaran Ajak Warga Wujudkan Pilkada Sehat dan Beradab

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:29 WIB

M Nasir Siap Dampingi Aries Sandi Maju Pilbup Pesawaran

Senin, 10 Juni 2024 - 09:48 WIB

MPAL Lampung Dukung Pelaporan MPAL Pesawaran ke Kejari

Minggu, 9 Juni 2024 - 17:37 WIB

Tenun Talam Pesawaran Melenggang di Bali Fashion Parade 2024

Jumat, 7 Juni 2024 - 16:23 WIB

Perwakilan Masyarakat Adat Lampung Pesawaran Laporkan MPAL ke Kejari

Kamis, 6 Juni 2024 - 19:14 WIB

Paisaludin Serahkan Surat Tugas DPP PAN ke Nanda Indira

Kamis, 6 Juni 2024 - 11:13 WIB

Bupati Pesawaran Ikuti Pembukaan ITIF 2024

Kamis, 6 Juni 2024 - 08:55 WIB

Dituding Abal-abal, MPAL Pesawaran Bakal Dilaporkan ke APH

Berita Terbaru