oleh

Inovasi Gizi, Posyandu Pekon Wonodadi Tetaskan Telur Ayam Ternak

Pringsewu (Netizenku.com): Dalam rangka upaya peningkatan gizi balita dan ekonomi keluarga, Posyandu Pekon Wonodadi berinovasi dengan melakukan kegiatan produktif berupa penetasan telur ternak ayam dan bebek,sehingga Pekon Wonodadi akan memiliki nilai lebih nantinya.

Ini diungkapkan Ivan Kurniawan, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon dalam arahan sekaligus membuka acara Pembinaan Kelompok Kerja Operasional Posyandu Pos Pelayanan Terpadu Kabupaten Pringsewu, di Pendopo Utama Pekon Wonodadi Kecamatan Gadingrejo, Jumat (13/7).

Baca Juga  Sekda Pringsewu Lantik 39 Pejabat Administrator dan Pengawas

“Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, untuk, oleh dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, pendidikan dan ekonomi,\” lanjut mantan Kabag Bina Administrasi Pembangunan ini.

Ivan menambahkan, bahwa tujuan Posyandu adalah memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, pendidikan dan ekonomi. Strategi operasional pemeliharaan dan perawatan kesejahteraan ibu dan anak secara dini dapat dilakukan di setiap Posyandu.

Baca Juga  Tim Patroli KRYD Polres Pringsewu Amankan Komplotan Pengutil Minimarket

\”Karena Posyandu merupakan wahana pelayanan dari berbagai program, maka penyelenggaraan Posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten,” ujar Ivan.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Dinas PMP, Kasmini menjelaskan juga bahwa kelompok kerja operasional Posyandu atau Pokjanal Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan, penyelenggaraan/ pengelolaan Posyandu yang berkedudukan di Pekon.

Baca Juga  Bank Sampah Kota Malang Jadi Rujukan Pringsewu

\”Anggota Pokjanal Posyandu Kabupaten Pringsewu sebagai unsur pembina diharapkan lebih aktif berperan dalam rangka revitalisasi fungsi Posyandu sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat kerja pengurus dan kader, membantu pemecahan masalah yang dihadapi pengurus dan kader dalam menggerakkan masyarakat, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas pencatatan dan pelaporan Posyandu\” , tambah Kasmini.(Darma)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *