Hadapi Porprov, Pengkab PBVSI Lambar Seleksi Atlet

Redaksi

Sabtu, 5 Juni 2021 - 21:35 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Liwa (Netizenku.com): Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lampung Barat, Devy Soekartono SE, secara langsung membuat seleksi atlet bola voli dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Lampung ke-IX Tahun 2022.

Kegiatan yang digelar dua hari, Sabtu-Minggu (5-6/6) di GOR Ajisaka komplek Sekuting Terpadu Balikbukit, Ketua Pengkab PBVSI Lampung Barat, Musadad S.IP, mengatakan, seleksi tersebut diikuti oleh 80 atlet putra dan putri dari 15 kecamatan dan menurut rencana masing-masing akan dipilih 14 terbaik sesuai posisi yang dibutuhkan.

“Alhamdulillah, untuk seleksi tahap pertama ini semua kecamatan mengirimkan atlet bola voli terbaik di wilayah masing-masing, dengan syarat kelahiran maksimal tahun 1999, dengan atlet putra minimal tinggi badan 170 cm dan putri minimal 160 cm,” kata dia.

Sementara materi seleksi bukan hanya terbatas kemampuan bermain, tetapi diawali dengan tes psikologi yang langsung dilakukan oleh pelatih senior bola voli dari Bandar Lampung, dan disiplin atlet merupakan faktor penting.

“Sebelum dilakukan tes di lapangan tentang kemampuan bermain, seluruh peserta diwajibkan mengikuti tes psikologi di bawah pengawasan Pak Rohmanto dan Wisnu yang merupakan pelatih kawakan di Lampung, tujuan tes tersebut dalam rangka melihat secara langsung kejiwaan dan mental para atlet yang akan menjadi duta Lampung Barat pada Porprov tahun depan,” kata Musadad.

Sementara, Devy Soekartono, memberikan apresiasi langkah cepat yang diambil Pengkab PBVSI Lampung Barat, dalam mempersiapkan atlet menyambut Porprov IX. Sehingga kata dia dengan persiapan lebih kurang 10 bulan akan terbentuk tim bola voli yang mampu bersaing pada multi event terbesar di Lampung tersebut.

Baca Juga  Lampung Barat Prioritaskan Jadi Kabupaten Tangguh Bencana

“Mudah-mudahan dengan melalui seleksi yang diikuti oleh atlet-atlet bola voli terbaik dari seluruh kecamatan, akan mendapatkan 14 pemain terbaik baik putra maupun putri, dan dengan waktu 10 bulan melakukan latihan bersama akan menyatukan kekuatan dan meningkatkan kerjasama tim, dan saya tekankan disiplin merupakan faktor penting yang harus menjadi jiwa atlet,” kata dia.

Sementara ketua Monitoring dan Evaluasi (Monev) KONI Lampung Barat, Iwan Setiawan, SE, MM, mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan secara rutin semua Pengkab dalam melakukan persiapan menghadapi Porprov.

“Pada tahun 2020 Monev dititikberatkan pada proses dan sarana prasarana latihan, sementara tahun 2021, akan melihat bagaimana Pengkab melakukan persiapan menghadapi Porprov IX yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan April-Mei tahun 2022 di Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Baca Juga  Atlet Panahan-Tenis Meja Lambar akan Ikuti Kejurda

Menurut Iwan, cabang olahraga bola voli merupakan salah satu cabang andalan Lampung Barat dalam meraih medali. Hal itu terbukti dari tiga kali Porprov Lampung terakhir bola voli selalu mempersembahkan medali untuk kontingen Lampung Barat.

“Kami minta Pengkab PBVSI mempertahankan tradisi medali, karena kita ketahui bersama, pada Porprov VI di Tulangbawang 2010 Lampung Barat mendapat medali Perak, Porprov VII di Kalianda Lampung Selatan Tahun 2013/2014 kita mendapat medali emas dan Porprov VII di Bandarlampung tahun 2017 Lampung Barat dapat medali perunggu,” tandasnya, pada acara yang juga dihadiri Wakil Sekretaris KONI, Duta Suhanda, dan Kasi Prestasi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Alif. (Iwan/Len)

Berita Terkait

Tribal Bandarlampung Jelajahi Jalur Trajang Lambar, Ini Rutenya
Edi Novial-Mad Hasnurin, Sepakat Nyawa Manusia Lebih Berharga dari Harimau
Teror Harimau di Suoh, MB Minta Penanganan Cepat
Bambang Kusmanto Kantongi Suara Terbanyak Dapil Lambar 1
Ribuan Masyarakat Dapil I Lambar Hadiri Kampanye Caleg Nasdem
Parosil Mabsus: Ganjar-Mahfud adalah Pasangan Terbaik Capres-Cawapres
Parosil Beri Ambulance Kepada Masyarakat Hanakau
Relawan Bambang Kusmanto Gelar Mancing Gratis

Berita Terkait

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:42 WIB

Gubernur Arinal Gaet Investor Tingkok

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:36 WIB

Pemprov Lampung Rakor Penanganan Dampak Banjir

Berita Terbaru

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika melantik Marindo Kurniawan. Foto: Luki.

Lampung

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Jumat, 1 Mar 2024 - 15:24 WIB

Tulang Bawang Barat

Tim Evaluasi Kemendagri Nilai Kinerja Pj Bupati Tubaba Sangat Baik

Jumat, 1 Mar 2024 - 13:09 WIB