oleh

Hadapi Porprov, Pengkab PBVSI Lambar Seleksi Atlet

Liwa (Netizenku.com): Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lampung Barat, Devy Soekartono SE, secara langsung membuat seleksi atlet bola voli dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) Lampung ke-IX Tahun 2022.

Kegiatan yang digelar dua hari, Sabtu-Minggu (5-6/6) di GOR Ajisaka komplek Sekuting Terpadu Balikbukit, Ketua Pengkab PBVSI Lampung Barat, Musadad S.IP, mengatakan, seleksi tersebut diikuti oleh 80 atlet putra dan putri dari 15 kecamatan dan menurut rencana masing-masing akan dipilih 14 terbaik sesuai posisi yang dibutuhkan.

“Alhamdulillah, untuk seleksi tahap pertama ini semua kecamatan mengirimkan atlet bola voli terbaik di wilayah masing-masing, dengan syarat kelahiran maksimal tahun 1999, dengan atlet putra minimal tinggi badan 170 cm dan putri minimal 160 cm,” kata dia.

Baca Juga  Hari Libur pun, Parosil Tak Berhenti Matangkan Persiapan Festival Kopi Lambar

Sementara materi seleksi bukan hanya terbatas kemampuan bermain, tetapi diawali dengan tes psikologi yang langsung dilakukan oleh pelatih senior bola voli dari Bandar Lampung, dan disiplin atlet merupakan faktor penting.

“Sebelum dilakukan tes di lapangan tentang kemampuan bermain, seluruh peserta diwajibkan mengikuti tes psikologi di bawah pengawasan Pak Rohmanto dan Wisnu yang merupakan pelatih kawakan di Lampung, tujuan tes tersebut dalam rangka melihat secara langsung kejiwaan dan mental para atlet yang akan menjadi duta Lampung Barat pada Porprov tahun depan,” kata Musadad.

Sementara, Devy Soekartono, memberikan apresiasi langkah cepat yang diambil Pengkab PBVSI Lampung Barat, dalam mempersiapkan atlet menyambut Porprov IX. Sehingga kata dia dengan persiapan lebih kurang 10 bulan akan terbentuk tim bola voli yang mampu bersaing pada multi event terbesar di Lampung tersebut.

Baca Juga  STIT Multazam-Pokdar Kamtibmas Bagikan 400 Masker

“Mudah-mudahan dengan melalui seleksi yang diikuti oleh atlet-atlet bola voli terbaik dari seluruh kecamatan, akan mendapatkan 14 pemain terbaik baik putra maupun putri, dan dengan waktu 10 bulan melakukan latihan bersama akan menyatukan kekuatan dan meningkatkan kerjasama tim, dan saya tekankan disiplin merupakan faktor penting yang harus menjadi jiwa atlet,” kata dia.

Sementara ketua Monitoring dan Evaluasi (Monev) KONI Lampung Barat, Iwan Setiawan, SE, MM, mengatakan, pihaknya akan melakukan pemantauan secara rutin semua Pengkab dalam melakukan persiapan menghadapi Porprov.

“Pada tahun 2020 Monev dititikberatkan pada proses dan sarana prasarana latihan, sementara tahun 2021, akan melihat bagaimana Pengkab melakukan persiapan menghadapi Porprov IX yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan April-Mei tahun 2022 di Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Baca Juga  Anggota Banang Banyak yang Bolos, Pembahasan RAPBD TA 2019 Ditunda

Menurut Iwan, cabang olahraga bola voli merupakan salah satu cabang andalan Lampung Barat dalam meraih medali. Hal itu terbukti dari tiga kali Porprov Lampung terakhir bola voli selalu mempersembahkan medali untuk kontingen Lampung Barat.

“Kami minta Pengkab PBVSI mempertahankan tradisi medali, karena kita ketahui bersama, pada Porprov VI di Tulangbawang 2010 Lampung Barat mendapat medali Perak, Porprov VII di Kalianda Lampung Selatan Tahun 2013/2014 kita mendapat medali emas dan Porprov VII di Bandarlampung tahun 2017 Lampung Barat dapat medali perunggu,” tandasnya, pada acara yang juga dihadiri Wakil Sekretaris KONI, Duta Suhanda, dan Kasi Prestasi Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Alif. (Iwan/Len)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *