oleh

Gubernur Lampung-Kepulauan Riau Jajaki Kerjasama Strategis

Bandarlampung (Netizenku.com): Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan silaturahmi bersama Gubernur Kepulauan Riau bertempat di Hotel Natra Bintan, Sabtu (25/6).

Gubernur Kepulaun Riau, Ansar Ahmad, mengatakan bahwa Provinsi Kepri merupakan kawasan investasi yang berkembang pesat disamping sebagai jalur perlintasan ekonomi dan perdagangan dunia. Kepulauan Riau merupakan wilayah kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Dengan jumlah pulau sebanyak 2.480 buah dan sebanyak 379 pulaunya berpenghuni, Provinsi Kepri menjadi sebuah wilayah yang potensial di sektor pariwisata.

Baca Juga  Dewan Tekankan Perusahaan tak Beri Upah di Bawah UMP

“Potensi Kepri sangat besar, pemerintah daerah terus berupaya melakukan optimalisasi pemanfaatan sumber daya, terutama di sektor pariwisata dan industri,” ungkap Ansar.

Gubernur Kepri berharap, dengan pertemuan dan kerjasama ini dapat membangun sinergi untuk membangkitkan kembali Industri pariwisata yang beberapa waktu lalu terdampak Covid-19 dan dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan pariwisata nasional.

Sementara itu, Arinal Djunaidi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiasi untuk membangun kerjasama antara Provinsi Lampung dan Pemerintah Provinsi Riau demi mendorong kemajuan perekonomian kedua provinsi.

Baca Juga  600 Porsi Takjil untuk Petugas Medis

“Dengan pertemuan ini, saya berharap akan ada kerjasama yang terbangun diberbagai sektor, seperti industri, perdagangan dan terutama sektor pariwisata,” ucap Arinal.

Secara geografis Lampung dan Kepri memiliki beberapa kesamaan, yaitu memiliki wilayah laut yang dapat dimanfaatkan sumber dayanya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal juga menyampaikan berbagai potensi di Provinsi Lampung yang dapat dijajaki kemungkinannya untuk dilakukan kerjasama.

Berbagai komoditas unggulan Provinsi Lampung, seperti kopi, tebu, jagung dan ternak sangat dimungkinkan untuk dibangun kerjasamanya.

Baca Juga  80 Atlet Lampung Ikuti Tes Hari Terakhir

Menurutnya, dengan pembangunan infrastruktur tol dari Lampung hingga Provinsi Sumatera Selatan memberikan dampak signifikan dibidang transportasi, sehingga hubungan antar pulau-pulau terdekat mengalami perkembangan dan menjadi salah satu sarana dan peluang untuk dibangun kerjasama.

Ia berharap pengembangan jalur transportasi laut antara Provinsi Lampung dan Provinsi Kepulauan Riau juga dapat dijajaki, guna mendukung pembangunan di sektor perekonomian, perdagangan dan pariwisata.(Agis)