Dukung Pengembangan Pertanian Terpadu, Kementan Bantu Petani Pesawaran

Redaksi

Rabu, 19 September 2018 - 16:58 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pesawaran (Netizenku.com): Dalam rangka mendukung pengembangan mekanisasi pertanian terpadu dengan penerapan teknologi yang tepat, pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan berupa paket alat mesin pertanian (alsintan) kepada masyarakat baik yang dikelola oleh kelompok tani, UPJA, maupun Brigade Alsintan.

Penyerahan bantuan alat dan mesin bagi kelompok tani ini diserahkan langsung oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, yang difasilitasi oleh  anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Sudin.

\”Bantuan Alsintan ini meliputi 9 Unit Hentraktor Roda Dua dan 10 Unit Pompa Air yang di serahkan kepada 3 kecamatan yakni  8 Kelompok Tani di kecamatan Negeri Katon,9 Kelompok Tani dari Kecamatan Tegineneng. Dan 2 Kelompok Tani dari Kecamatan Way Ratai,\” kata Dendi Ramadhona saat menyerahkan bantuan alsintan di Desa Sido Mulyo Negeri Katon, Rabu (19/9).

Alat mesin pertanian yang diberikan tersebut, mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam mencapai tujuan pembangunan pertanian melalui penanganan budidaya, panen, pasca panen dan pengolahan hasil pertanian.

\”Dalam rangka mendukung pengembangan mekanisasi pertanian terpadu dengan penerapan teknologi yang tepat, pemerintah melalui Kementerian Pertanian berupaya memberikan bantuan berupa paket alat mesin pertanian (alsintan) kepada masyarakat baik yang dikelola oleh kelompok tani, UPJA, maupun Brigade Alsintan.Hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2001 tentang Alat dan Mesin Budidaya Tanaman dan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 65/Permentan/OT.140/12/2006 tentang Pedoman Pengawasan,  Pengadaan, Peredaran dan Penggunaan Alat dan Atau Mesin Pertanian mengatur pelaksanaan pengawasaan pengadaan, peredaran, dan penggunaan alat dan atau mesin pertanian di daerah,” tambah Dendi.

Baca Juga  Bawaslu Ingatkan Sosialisasi tak Gunakan Fasilitas Umum

Tujuan pengawasan ini adalah untuk melindungi pengguna dalam hal ini kelompok tani dari alat dan atau mesin yang tidak layak pakai dan tidak memenuhi standar, serta memberi kepastian usaha bagi produsen alat dan atau mesin pertanian terhadap hasil produksinya yang memenuhi standar.

\”Sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkomitmen dalam menunjang ketahanan pangan nasional. Prioritas pembangunan pertanian dilakukan baik melalui intensifikasi, ekstensifikasi, maupun pembangunan sumberdaya manusia,\” ucapnya.

Selain itu bantuan alat dan mesin pertanian baik untuk tanam maupun panen juga diberikan untuk menunjang kegiatan produksi pertanian.\”Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran dalam mendukung program nasional dan daerah telah melakukan upaya mengoptimalkan potensi dan keunggulan wilayah khususnya pertanian. Namun terbatasnya anggaran untuk pengadaan alat dan mesin pertanian, membuat pemerintah belum mampu memenuhi semua kebutuhan akan alsintan baik di tingkat kelompok tani, UPJA maupun Brigade Alsintan,” imbuhnya.

Baca Juga  Atlet Inkanas Binaan Polres Pesawaran Sabet Emas

Menjadi harapan semua, semoga bantuan untuk kelompok tani terutama yang berhubungan dengan alat dan mesin pertanian akan membantu dalam upaya peningkatan percepatan olah tanah, tanam dan panen yang akan berimplikasi terhadap peningkatan produksi pangan di Kabupaten Pesawaran khususnya padi, jagung, dan kedelai.

\”Saya juga berharap, kelompok tani penerima bantuan dapat memanfaatkan secara optimal dan semakin termotivasi untuk meningkatkan produksi pertanian, demi terwujudnya swasembada pangan dan meningkatnya kesejahteraan anggota kelompok,\” harap Dendi.(soheh)

Berita Terkait

Hujan Deras Guyur Pesawaran, Beberapa Wilayah Tergenang Banjir
Pemkab Pesawaran Kembali Adakan Gerakan Pangan Murah
Bupati Pesawaran Kunjungi Kementan RI, Ini Usulannya
Dendi Harap Pemprov Lampung Terus Perhatian ke Pemkab Pesawaran
Kapolres Pesawaran Imbau Organ Tunggal Tak Setel Musik Remik
Jumat Curhat, Kapolres Pesawaran Ajak Orang Tua Awasi Anak-anak
Dendi Tinjau Longsor dan Banjir di Desa Sukajaya Lempasing
Kapolres Pesawaran Tinjau Harga Bahan Pokok di Pasar

Berita Terkait

Minggu, 7 April 2024 - 06:00 WIB

PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H

Jumat, 5 April 2024 - 08:35 WIB

PGN Pastikan Layanan Gas Bumi Aman dan Handal Selama Idul Fitri 1445 H

Kamis, 4 April 2024 - 00:34 WIB

Pernyataan Pelantikan PMII Balam Ditunda Salah, Rama Azizul: Dapid Novian Mastur Sah Dilantik

Selasa, 2 April 2024 - 22:02 WIB

Kolaborasi CCEP-Pondok Pesantren Bangun Kesadaran Lingkungan

Selasa, 2 April 2024 - 21:58 WIB

IHK Gabungan di Lampung pada Maret Tercatat Inflasi 0.36 Persen

Minggu, 31 Maret 2024 - 16:20 WIB

UPTD PPPA Balam Optimalisasi Pelayanan

Jumat, 29 Maret 2024 - 22:33 WIB

Humanika Balam Deklarasikan UA

Jumat, 29 Maret 2024 - 17:11 WIB

PMII Cabang Bandarlampung Segera Gelar Pelantikan

Berita Terbaru

Pesawaran

Hujan Deras Guyur Pesawaran, Beberapa Wilayah Tergenang Banjir

Jumat, 12 Apr 2024 - 19:31 WIB

Celoteh

Petuah Margaret Thatcher dan Peluang Umar Ahmad

Senin, 8 Apr 2024 - 04:10 WIB

Bandarlampung

PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H

Minggu, 7 Apr 2024 - 06:00 WIB