oleh

Dinas Peternakan Tubaba Kembali Bagikan Ribuan Ekor Ayam Kampung Unggul

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Dinas Pertenakan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), kembali meluncurkan program pembagian 60 ribu ekor ayam kampung unggul secara gratis kepada masyarakat kabupaten Tubaba di sembilan kecamatan.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2018, pemkab juga telah mendistribusikan sekitar 40 ribu ekor ayam kampung unggul hasil pembibitan Badan Usaha Milik Tiyuh Mandiri Bersama (BUMT Mandiri Bersama) dengan anggaran senilai hampir 1 miliar.

Kepala Dinas Peternakan Tubaba drh Nazaruddin Yahya mengatakan, pengadaan ayam tersebut telah disetujui DPRD Tubaba dan telah masuk dalam APBD Kabupaten Tubaba tahun 2019. Ayam tersebut nantinya akan dibagikan langsung kepada masyarakat rumah tangga miskin (RTM) melalui aparatur tiyuh, ini dilakukan sebagai upaya pengoptimalisasi penanggulangan kemiskinan masyarakat kabupaten setempat.

Baca Juga  Pengurus SMSI Tubaba Dilantik

\”Dana telah masuk dalam APBD tahun 2019, kegiatan ini dilakukan lelang tersebih dahulu. 60 ribu ekor anak ayam kampung unggul akan dibagikan langsung kepada masyarakat di sembilan kecamatan yang tersebar di 103 Tiyuh dan kelurahan.\” Kata dia kepada wartawan, Rabu (9/1).

Dia menuturkan, program ini merupakan program pengembangan secara berkelanjutan yang telah dilakukan 2018, tahun ini memberikan bantuan sebanyak 60 ribu ekor ayam kampung unggul, yang akan didistribusikan kepada rumah tangga miskin diberikan secara hibah gratis.

Baca Juga  Besok Nunik Buka Festival Bambu Internasional Tubaba

\”Masyarakat penerima bantuan hibah ayam kampung unggul ini akan disesuaikan dengan data yang dimiliki Dinas Sosial Tubaba. Berdasarkan jumlah data RTM yang ada, kurang lebih sekitar 13 ribu Kepala Keluarga (KK) yang tergolong miskin,\” paparnya.

Dari data tersebut, lanjut Nazar, akan dilakukan validasi ulang disesuaikan dengan data penerima layak dan tidaknya masyarakat yang akan menerima bantuan ini.\”Namun, jika nantinya masih ada masyarakat miskin ada yang belum kebagian program ini, kami berharap masyarakat bersabar, karena program ini Insyaallah dilakukan setiap tahun.\” jelasnya.

Baca Juga  Bupati Tubaba Apresiasi Karya SMK Muhammadiyah Tumijajar

Menurutnya, bagi penerima bantuan hibah program tersebut, sesuai dengan ketentuan, setiap kepala keluarga RTM akan menerima 10 ekor ayam kampung unggul.“Kita harapkan kepada semua masyarakat penerima program pengembangan ayam kampung unggul ini, bisa bermanfaat dan dapat dipelihara dengan baik serta dapat di kembangkan.\”tutupnya.(Arie)

Komentar