Dendi: PSHT Pesawaran Diharapkan Lahirkan Atlet-atlet Beladiri

Redaksi

Minggu, 6 Mei 2018 - 17:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pesawaran (Netizenku.com): Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang juga selaku Ketua Dewan Pembina Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kabupaten Pesawaran, melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) Tugu PSHT rayon Gunung Sari, Ranting Way Khilau, Minggu (6/5).

\”Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin terlebih dulu mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PSHT atas dibangunnya tugu Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) ini,\” jelas Dendi.

Semoga dengan adanya tugu tersebut, menurutnya, akan selalu mengingatkan warga PSHT untuk tidak keluar dari alur ajaran Setia Hati Terate yakni, ajaran budi luhur, tulus dan jujur, terutama dalam menghadapi situasi dan kondisi yang berlangsung sekarang ini.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

\”Dan dengan kejujuran, ketulusan dan keikhlasan hati itu pula, mari kita bersama-sama membangun persaudaran di tengah-tengah kehidupan umat manusia, khususnya keluarga besar Setia Hati Terate dan Kabupaten Pesawaran pada umumnya,\” kata Dendi.

Atas nama pribadi maupun Pemkab Pesawaran, lanjut Dendi, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung sekali adanya PSHT ini yang ikut serta bermitra dengan pemerintah Pesawaran untuk mewujudkan Pesawaran yang sehat dan sejahtera.

Baca Juga  Ulama Tiga Kecamatan Kompak Doakan M Nasir Pimpin Pesawaran

\”Apresiasi yang setinggi-tingginya juga saya sampaikan atas kontribusinya dalam pembangunan daerah. Peran organisasi ini sangat diharapkan dalam menciptakan suasana daerah yang kondusif, maka dari itu peran serta dalam pembangunan daerah sangat diharapkan,\” ucapnya.

Tambah Dendi, PSHT sebagai bagian dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pesawaran juga mampu melahirkan atlit-atlit bela diri pencak silat yang profesional yang dapat mengharumkan nama Pesawaran.

\”Saya berharap, melalui persatuan PSHT Cabang Pesawaran, dapat membawa pengaruh yang baik dan positif bagi kaum muda dan warga Pesawaran. Sesuai dengan instruksi Presiden kepada seluruh Bupati dan Wali Kota se-Indonesia dalam program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), maka dari itu pemerintah mendukung segala jenis olahraga yang ada di Pesawaran ini,\” Dendi menjelaskan.

\”Saya yakin warga PSHT mampu menjadi pionir untuk kemajuan daerah, apalagi warga PSHT telah dibekali ilmu, baik secara fisik maupun mental. Seperti yang telah diajarkan oleh perintis Setia Hati Terate, Ki Hadjar Hardjo Oetomo yang mengajarkan kepada kita tentang budi luhur yang berangkat dari hati yang bersih, tulus dan jujur. Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang yaitu revolusi mental, maka melalui pencak silat akan membentuk karakter karena pencak silat mewariskan nilai-nilai budaya bangsa,\” tambah Dendi.

Baca Juga  Bocah Asal Palembang Tewas Tenggelam di Pulau Mahitam Pesawaran

Dalam kesempatan tersebut juga, pihaknya merasa bangga karena mayoritas warga PSHT merupakan generasi muda. Di mana mengikuti bela diri tidak saja untuk menjaga diri, tapi lebih dari itu. \”Dalam bela diri juga mengajarkan kepada kita untuk menanamkan kedisiplinan, kerja keras, pantang menyerah, saling menghargai, sportivitas, dan hormat pada pimpinan. Tentunya juga untuk menjaga kesehatan. Selain itu, bagi anak-anak muda, bergabung dalam perguruan bela diri merupakan salah satu sarana pembentukan karakter. Untuk itu, melalui kesempatan ini saya berpesan, seluruh warga PSHT harus menumbuhkan rasa cinta tanah air, bangsa dan negara, karena PSHT dilahirkan oleh Tokoh Pahlawan perintis kemerdekaan Ki Hadjar Hardjo Oetomo, sehingga penerusnya harus memiliki jiwa patriotik dalam membela bangsa dan Negara. Saya juga berpesan kepada seluruh pendekar PSHT untuk lebih waspada terhadap segala upaya yang memecah belah bangsa dengan berbagai cara,baik budaya,politik,narkoba hingga radikalisme,\” urainya.

Baca Juga  Dendi-Marzuki Janji Pulihkan Ekonomi Mikro Pesawaran

Sementara itu, Suranto selaku pembina dan juga sekaligus sebagai sesepuh di PSHT Kabupaten Pesawaran mengutarakan, didirikannya tugu PSHT tersebut adalah merupakan sebuah simbol atau monumen bahwa keberadaan PSHT tersebut sudah ada dan menyebar di seluruh wilayah indonesaia.

\”Untuk wilayah Kabupaten Pesawaran ini yang pertama kali dan selanjutnya tugu-tugu ini akan kita bangun di setiap rayon ranting dimasing-masing kecamatan yang ada di Pesawaran,\” ucap Suranto.

Dijelaskan Suranto, PSHT ini adalah sebuah organisasi dan perguruan pencak silat yang tertua di Indonesia yang berdiri pada tahun1922 yang berpusat di Madiun. \”Dan kita ini setiap daerah ada ketua cabangnya untuk pesawaran sendiri saat ini sudah ada sekitar 8000 anggota. Pencak silat dan organinasi persodaraan PSHT ini ada dua visi -misi selain pencak silat juga dipererat untuk persodaraannya, makanya lambangnya sebuah hati yang artinya mempersatukan semua anggota yang ada sakit satu kita ikut merasakannya makanya kita disini saling bersatu,\” ungkap Suranto. (Soheh)

Berita Terkait

Dendi Tinjau Kondisi Tanggul Jebol di Desa Bunut
Desa Bernung Kembali Salurkan Bantuan Pangan Beras
Dendi Ramadhona Hadiri Musrenbang Empat Kecamatan
FMPB Endus Dugaan Mark Up Anggaran Papan Informasi KPU Pesawaran
Pesawaran Prioritas Lokus Stunting Sejak 2020
Bupati Pesawaran Lepas Logistik Pemilu 2024
Dugaan Penyimpangan, FMPB akan Laporkan CV Alfatih Perkasa ke APH
Klarifikasi, Sejumlah Warga Tanjung Kemala Penuhi Panggilan Polres Pesawaran

Berita Terkait

Senin, 4 Maret 2024 - 16:00 WIB

Waspada DBD di Musim Hujan, Dinkes Lampung Lakukan Aksi Proaktif

Jumat, 1 Maret 2024 - 18:33 WIB

Pelunasan Bipih Tahap Kedua di Buka 13 Hingga 26 Maret, Ini Syarat dan Mekanismenya

Jumat, 1 Maret 2024 - 15:24 WIB

Marindo Resmi Dilantik Jadi Pejabat Bupati Pringsewu

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:59 WIB

Sekdaprov Fahrizal Lepas Pejabat Purnabakti

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:50 WIB

Pemprov Lampung Gelar Asistensi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Kamis, 29 Februari 2024 - 17:38 WIB

Gubernur Arinal Minta Maksimalkan PON XXI Sumut-Aceh

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:10 WIB

Puji Dorong JCH Segera Lengkapi Syarat Pelunasan Tahap II

Rabu, 28 Februari 2024 - 22:05 WIB

Ribuan Peserta Diprediksi Ramaikan Lampung Half Marathon 2024

Berita Terbaru

Foto: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro Ardah, menerima penghargaan Adipura dari KLHK. (Ist/NK)

Metro

Metro Terima Penghargaan Adipura 2023 dari KLHK

Selasa, 5 Mar 2024 - 18:38 WIB

Tulang Bawang Barat

Tubaba-Bulog KCP Menggala Tebar 10 Ton Beras untuk Pasar Murah

Selasa, 5 Mar 2024 - 18:30 WIB

Tanggamus

TP PKK Tanggamus Sosialisasi Percepatan Penurunan Stunting

Selasa, 5 Mar 2024 - 18:24 WIB

Foto: Ketua DPD Partai NasDem Tubaba S Joko Kuncoro, S.I.Kom. (Arie/NK)

Tulang Bawang Barat

NasDem Tubaba Apresiasi Kepercayaan Masyarakat sebagai Penyampai Aspirasi

Selasa, 5 Mar 2024 - 18:14 WIB