oleh

BMKG Gelar Sekolah Lapang Nelayan untuk Edukasi Cuaca

Bandarlampung (Netizenku.com): Stasiun Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung gelar sekolah Lapang Nelayan Angkatan II tahun 2018 di hotel Horison, Bandarlampung, Selasa (10/4).

Kegiatan yang mengusung tema \’Perhatikan Cuaca Sebelum Melaut\’ ini dibuka langsung oleh Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Agus Wahyu Raharjo dihadapan puluhan penyuluh nelayan dan perikanan di 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Baca Juga  Ini Sebab Pertamina Tambah Pasokan 90 Ribu Tabung Elpiji 3 Kg di Lampung

Menurut Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Lampung, Sugiyono, kegiatan sekolah lapang nelayan yang baru pertama dilakukan di Lampung ini merupakan cara untuk memberikan informasi tentang cuaca dan iklim kelautan kepada para petani kelautan, agar mengetahui kapan waktu melakukan penangkapan dan produksi perikanan.

\"\"

\”Kegiatan ini memberikan informasi terkait informasi cuaca kepada penyuluh pertanian dan perikanan guna membantu nelayan memberikan pemahaman yang baik tentang informasi maritim dengan memanfaatkan informasi jangka pendek dalam penangkapan dan produksi perikanan,\” kata dia.

Baca Juga  Budi Harjo Lantik Pengurus HMB Lampung 2020-2021

Ia menuturkan, bahwa nelayan di Lampung dianggap masih kurang edukasi tentang pengetahuan cuaca sebelum melaut.

“Nelayan di Lampung masih sangat awam terhadap kondisi cuaca. Salah satu tujuan kita adakan untuk memberikan edukasi tentang cuaca kepada nelayan sehingga mereka bisa mendapatkan hasil lebih baik, tangkapan mereka lebih maksimal,” ucapnya.

Untuk tahap pertama edukasi diberikan kepada penyuluh perikanan guna menjadi Trainer of Training (ToT) bagi para nelayan.

Baca Juga  Dinkes Terus Upayakan Imunisasi MR Capai Target Nasional

“Kemudian tahap II, kita undang penyuluh sekaligus kelompok nelayan. Dan pada tahap II kita baru praktik bagaimana pengenalan cuaca,” tandasnya. (Aby)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *