oleh

Bawaslu Lamteng: 459 Pemilih Ganda-368 Pemilih Belum Terdaftar di DPT

Lampung Tengah (Netizenku.com): Daftar Pemilih Tetap (DPT) Lampung Tengah (Lamteng) telah diplenokan pada 21 Agustus lalu.

Jumlah yang ditetapkan dalam DPT sebanyak 923.566 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki 471.752 orang dan pemilih perempuan berjumlah 451.814 orang.

Jumlah tersebut tersebar di 28 kecamatan se-Lampung Tengah. Menindaklanjuti pleno, Bawaslu Lamteng melaksanakan pencermatan DPT.

Ini sesuai dengan surat Edaran Bawaslu RI nomor: SS-1399/K.Bawaslu/PM.00.00/IX/2018, perihal Pengawasan Penyempurnaan DPT tahun 2019.

Baca Juga  Herman HN Maju di Pilgub Lampung 2024 Lewat NasDem?

Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Lamteng, Edwin Nur SE, mengatakan, data hasil analisis terhadap DPT di 28 kecamatan di Lamteng menemukan sebanyak 459 pemilih ganda dan 368 pemilih memenuhi syarat belum terdaftar di DPT tahun 2019.

\”Dalam menganalisis, Bawaslu mendasarkan kegandaan pada elemen NIK, nama dan tanggal lahir pemilih. Bawaslu menggabungkan seluruh data dalam lingkup kabupaten. Ketiga elemen data tersebut menjadi basis analisis kegandaan,\” ujar Edwin Nur.

Baca Juga  Gunawan Suswantoro Minta Bawaslu Lampung Bersiap Awasi Pemilu 2024

Atas temuan data ganda ini, Bawaslu Lamteng segera berkoordinasi dengan KPU Lamteng untuk melakukan pencermatan bersama.

Pencermatan dan koreksi juga dilakukan atas pemilih yang tidak memenuhi syarat, namun masih tercantum dalam DPT.

Lalu, ada juga pemilih yang memenuhi syarat tetapi tidak masuk dalam DPT, serta kesalahan elemen informasi dalam DPT.

\”Pencermatan dilakukan berkoordinasi dengan partai politik peserta pemilu,\” jelas Edwin.

Baca Juga  Komisi I Lampung Tengah Sidak Disdukcapil

Bawaslu Lamteng, lanjut dia, akan terus melakukan analisis kegandaan dalam DPT hingga 16 September 2018 sampai di tingkat pusat.

\”Berdasarkan Pasal 198 UU 07/2017 Warga Negara Indonesia didaftar satu kali oleh penyelenggra pemilu dalam daftar pemili. Dan hasil analisis yang kami lakukan akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum Lampung Tengah untuk dicermati dan dikoreksi,\” pungkasnya. (sansurya)

Komentar