oleh

AIMI Lampung akan Kampanye Global pada Pekan Menyusui Sedunia 2019

Bandarlampung (Netizenku.com): Pekan Menyusui Sedunia atau World Breastfeeding Week (WBW) tahun 2019 tanggal 1-7 Agustus adalah kampanye global yang diselenggarakan setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran terkait menyusui. Momentum tersebut merupakan salah satu hasil dari The Innocenti Declaration yang ditandatangani pada bulan Agustus 1990. Maka WHO, Unicef, WABA beserta berbagai organisasi juga negara-negara di dunia.

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Daerah Lampung kembali mengadakan rangkaian kegiatan, diawali dengan SosialisASI melalui Dialog Interaktif di RRI Pro 2 FM dan TVRI Lampung.

Dilanjutkan dengan kegiatan AIMI Lampung Goes To Puskesmas di Puskesmas Beringin Raya Bandarlampung. Acara tersebut merupakan agenda rutin tahunan, yang tahun ini akan dilakukan di dua puskesmas yakni Puskesmas Gedong Air, dan Puskesmas Beringin Raya Kemiling Bandarlampung.

Ketua Umum AIMI Daerah Lampung, Upi Fitriyanti, mengungkapkan, Ibu menyusui kerap mendapat berbagai tantangan. Mulai dari rendahnya kepercayaan diri, sampai fasilitas menyusui di tempat umum yang tidak memadai.

Baca Juga  Pemasangan Jargas 2020 Wujudkan Kota Bandarlampung Sebagai City Gas

Belum lagi, beberapa ibu mengaku kurang mendapat dukungan dari lingkungan terdekatnya seperti suami maupun keluarga terdekat, terutama pada saat menghadapi kendala atau tantangan menyusui.

Padahal berbagai penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui yang mendapatkan dukungan penuh dari suami dan keluarga serta lingkungan sekitar memiliki tingkat keberhasilan menyusui lebih tinggi dibanding dengan ibu menyusui yang kurang atau tidak mendapatkan dukungan.

\”Pekan Menyusui Sedunia Tahun ini mengangkat tema \”Berdayakan Orang Tua, Untuk Bisa Menyusui\” untuk itu AIMI mencoba mengambil peran untuk memberdayakan masyarakat dengan berbagai kegiatan yang AIMI Lampung lakukan,\” ujar Upi.

Untuk meningkatkan angka menyusui di Lampung, AIMI kembali mengadakan AIMI Goes to Puskesmas, dan tahun ini sudah yang ke 12 dan 13 Puskesmas di Bandarlampung, sebelumnya AIMI juga telah mengadakan kegiatan serupa di Pringsewu tepatnya di Puskes Adiluwih dan Gadingrejo.

Baca Juga  Eva Dwiana Revisi SE Wali Kota Mudik ASN Idulfitri 1442 H

Menurutnya, kegiatan tersebut menyasar para ibu hamil dan menyusui, dengan harapan dapat memberikan pemahaman tentang manfaat menyusui dan apa yang bisa ibu lakukan pada saat menghadapi kendala atau tantangan menyusui.

\”Sebab selama ini cukup banyak kendala yang dihadapi oleh para ibu untuk bisa menyusui anaknya. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi pemahaman, tentang manfaat menyusui sehingga dapat meningkatkan angka menyusui di Lampung,\” kata Upi.

Kemudian dilanjutkan dengan
SosialisASI di Car Free Day di Tugu Adipura , Kulwaps Member AIMI Lampung, bersama AyahASI

AIMI Lampung bekerjasama dengan Lampung Menggendong menggelar berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Minggu, 4 Agustus di Car Free Day Tugu Adipura Kota Bandarlampung, AIMI Lampung akan mengkampanyekan menyusui dengan menyebar brosur, konfrensi pers dan menyampaikan orasi untuk memberikan dukungan kepada Ibu-ibu
menyusui di Lampung.

Baca Juga  Tempat Wisata di Bandarlampung Tetap Buka Saat Cuti Bersama

\”Kami juga ada konsultasi menyusui, kegiatan ini bertujuan memberikan konseling kepada masyarakat untuk berkonsultasi tentang kendala atau tantangan menyusui yang dihadapi. Melalui kegiatan ini kami harapkan semakin banyak masyarakat yang mendapatkan informasi tentang pentingnya serta dukungan bagi ibu menyusui,\” papar Upi

Tidak hanya itu, AIMI juga mengadakan praktik menggendong kegiatan ini bekerjasama dengan Lampung Menggendong, bertujuan untuk menyosialisasikan cara menggendong yang baik dan benar. Selama ini menggendong dikenal masyarakat dalam upaya meningkatkan bonding antara orang tua dan anak. Selain praktik gendong ada juga fasilitas Pojok Gendong yang menyediakan berbagai jenis gendongan untuk bisa dipraktikkan cara menggunakannya oleh masyarakat. (Leni)

Komentar