Pj. Gubernur Lampung Tekankan Netralitas ASN dan Pilkada Damai di Kabupaten Tanggamus

Eva Setiani

Jumat, 4 Oktober 2024 - 11:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

NETIZENKU.COM, TANGGAMUS–Kunjungan Kerja ke Kabupaten Tanggamus, Penjabat Gubernur Lampung Samsudin lakukan sosialisasi Pilkada Damai dan Netralitas ASN kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus, di Rumah Dinas Bupati Tanggamus, Kamis (03/10/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh segenap jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus, Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, Camat, KPU dan Bawaslu Kabupaten Tanggamus.

Pj. Gubernur menegaskan bahwa netralitas ASN merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga kualitas demokrasi. Oleh karenanya ASN harus mampu berdiri di atas semua golongan, tidak terpengaruh oleh kepentingan politik, serta tetap fokus pada tugas utama, yaitu melayani masyarakat dengan profesional dan adil.

“Aturan netralitas ASN sudah diatur dalam undang – undang, dan ada sanksi yang telah ditetapkan bagi ASN yang terbukti melanggar peraturan netralitas saat pelaksanaan Pilkada, mulai dari sanksi ringan, menengah, hingga berat,” tegasnya.

Baca Juga  Terapkan Prioritas Testing Dalam Keterbatasan Kapasitas

Untuk itu, Pj. Gubernur mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus, mulai dari jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, para Staf Ahli, para Asisten, hingga para tokoh masyarakat dan tokoh adat, untuk dapat bersama-sama mengawal netralitas ASN.

“Peran kita sangatlah penting dalam menjaga integritas dan kredibilitas proses pemilihan yang akan datang. Saya meminta kepada seluruh unsur pimpinan, baik di Provinsi hingga desa dan tingkat RT maupun RW untuk bersifat netral,” ungkapnya.

“Mari bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif, aman dan damai selama tahapan Pemilu berlangsung, mari kita buktikan bahwa Provinsi Lampung mampu melaksanakan pesta demokrasi dengan penuh martabat dan kehormatan yang tinggi,” pungkasnya.

Baca Juga  Segera Ditutup, Pendaftaran CPNS Bandarlampung Capai 3 Ribu Pendaftar

Sementara itu, Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutannya mengatakan bahwa di Kabupaten Tanggamus sebelumnya telah dilaksanakan deklarasi netralitas ASN oleh KPU dan Bawaslu, yang kemudian dilanjutkan dengan deklarasi netralitas untuk aparatur Pekon atau Desa.

“Alhamdulillah tahapan Pemilukada di seluruh wilayah kabupaten Tanggamus sejauh ini berjalan lancar, aman dan tertib, kondisi ini mudah-mudahan dapat selalu terjaga sampai dilantiknya kepala daerah hasil pemilihan masyarakat hasil pilkada 2024 yang mendatang,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Mulyadi Irsan juga turut menegaskan agar ASN sebagai Abdi Negara dan pelayan publik harus bersifat netral, khususnya kepada ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus

Baca Juga  AJI Bandarlampung Rilis Hasil Riset Potret Kusam Jurnalis Perempuan

“Komitmen kami selaku aparatur Pemerintah di Tanggamus, dalam bekerja dan menjalankan amanat serta undang-undang untuk bersikap netral sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus tahun 2024 oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Suaidi, dan turut diketahui dan ditandatangani oleh Pj. Gubernur Lampung Samsudin, Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, Ketua Bawaslu Tanggamus Najih Mustofa dan Ketua KPU Tanggamus Angga Lazuardy.

Berita Terkait

Upaya Pemprov Lampung Kendalikan Inflasi, Tinjau Stabilitas Harga Bahan Pokok di Pasar Gading Rejo, Pringsewu
Kunjungan Kerja ke Kabupaten Pringsewu, Penjabat Gubernur Lampung Tekankan Pentingnya Penanggulangan Stunting
Penjabat Gubernur Lampung Tekankan Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024
Penjabat Gubernur Lampung Dukung Upaya Pemkab Pringsewu Tingkatkan Pendapatan Daerah Melalui Pengembangan UMKM di Rest Area
Optimalisasi Pasar UMKM Way Halim, Pusat Kreativitas dan Inovasi untuk Generasi Muda Lampung
Pj. Gubernur Lampung Laksanakan Shalat Subuh Berjamaah di Tanggamus, Ajak Masyarakat Jaga Kondusivitas Jelang Pilkada
Penjabat Gubernur Lampung Tinjau Ketersediaan Pupuk untuk Jamin Produktivitas Pertanian
Sinergi Tiga Pilar Kamtibmas untuk Wujudkan Pilkada Damai 2024 di Lampung, Sekdaprov Lampung Hadiri Apel 3 Pilar Kamtibmas

Berita Terkait

Minggu, 6 Oktober 2024 - 17:52 WIB

Jihan Ingatkan Relawan TPT Kedepankan Kampanye Damai

Jumat, 4 Oktober 2024 - 20:57 WIB

Tim Pemenangan ASRI-AMP Laporkan Camat Negeri Katon ke Bawaslu

Jumat, 4 Oktober 2024 - 17:34 WIB

Terbukti Bawa APK Paslon, Enggo: Mau Tahu Aja, Apa Mau Tahu Banget

Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:27 WIB

DPRD Tubaba Resmi Bentuk 7 Fraksi

Kamis, 3 Oktober 2024 - 15:23 WIB

Cawagub Lampung Kunjungi Posko Pemenangan Metro Mubaraq

Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:46 WIB

Moh Saleh Asnawi-Agus Suranto Gulirkan 11 Program Menuju Perubahan Tanggamus

Selasa, 1 Oktober 2024 - 18:19 WIB

Mukhlis Basri Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat Lampung

Senin, 30 September 2024 - 21:54 WIB

ASRI Janji Aktifkan Kembali 45.000 BPJS Kesehatan Warga Pesawaran yang Terblokir

Berita Terbaru

Politik

Jihan Ingatkan Relawan TPT Kedepankan Kampanye Damai

Minggu, 6 Okt 2024 - 17:52 WIB

Pringsewu

Sekda Pringsewu Buka Acara GSMS Tahun 2024

Minggu, 6 Okt 2024 - 17:17 WIB

Pesawaran

DBH Tak Kunjung Disalurkan, Dendi Akui Keuangan Pemkab Sulit

Minggu, 6 Okt 2024 - 09:55 WIB