YKWS Kembangkan Program WASH in HCF di Bandarlampung

Redaksi

Selasa, 6 Juli 2021 - 18:05 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Khaidarmansyah (kiri), Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli (tengah), Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati (kanan) dalam acara Kick Off Meeting Program WASH in HCF di Ruang Kirana Lantai II Hotel Whiz Prime, Selasa (6/7). Foto: Netizenku.com

Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Khaidarmansyah (kiri), Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli (tengah), Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati (kanan) dalam acara Kick Off Meeting Program WASH in HCF di Ruang Kirana Lantai II Hotel Whiz Prime, Selasa (6/7). Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) mengembangkan Program Water Sanitation and Hygiene in Health Care Facilities (WASH in HCF) atau Program Air, Sanitasi dan Kebersihan di Fasilitas Kesehatan Puskesmas Kota Bandarlampung.

Dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, Program WASH in HCF menyasar Kota Bandarlampung dan Kota Metro.

YKWS bersama Pemerintah Kota Bandarlampung melakukan Kick Off Meeting Program WASH in HCF di Ruang Kirana Lantai II Hotel Whiz Prime, Selasa (6/7). Kegiatan dibuka oleh Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Khaidarmansyah, dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli.

Peserta kegiatan berasal dari berbagai lapisan masyarakat seperti kelompok perempuan, kaum difabel, tokoh agama, jurnalis, dan kalangan akademisi.

“Peningkatan layanan kesehatan merupakan salah satu visi utama Pemerintah Kota Bandarlampung melalui pembangunan fasilitas sanitasi Puskesmas yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, baik difabel maupun lansia,” kata Khaidarmansyah.

Baca Juga  Masyarakat Berperan Tingkatkan Sanitasi dan Kebersihan di Puskesmas

Program WASH in HCF, kata dia, dalam rangka pencapaian tujuan sustainable development goals (SDG’s) yaitu sanitasi yang aman dan layak untuk seluruh masyarakat. Dimana SDG’s dengan 17 Goals dan 169 sasaran telah diakomodir di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Bandarlampung dan dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait setiap tahunnya.

Khaidarmansyah berharap Program WASH in HCF mampu meningkatkan sanitasi dan kebersihan serta layanan yang inklusif di Puskesmas Kota Bandarlampung untuk menunjang program pemerintah pusat yang dikenal dengan Program 100-0-100, yaitu pemerintah menyiapkan 100% akses sanitasi, 0% wilayah kumuh, dan 100% pelayanan air minum.

Pemerintah kota menyiapkan 5 Puskesmas untuk menjadi role model Program WASH in HCF yaitu Puskesmas Kedaton, Puskesmas Kemiling, Puskesmas Panjang, Puskesmas Pasar Ambon (Telukbetung Selatan), Puskesmas Kotakarang (Telukbetung Timur).

“Puskesmas yang menjadi lokus permodelan sanitasi ini betul-betul siap dari segi pengelolaan dan pemanfaatan,” ujar Khaidarmansyah.

YKWS Kembangkan Program WASH in HCF di Bandarlampung
Direktur Eksekutif Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) Febrilia Ekawati. Foto: Netizenku.com

Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati, mengatakan penunjukan kelima Puskesmas tersebut berdasarkan masukan dari Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung. Puskesmas tersebut memiliki cakupan yang luas dengan jumlah masyarakat yang banyak.

Baca Juga  Hari Air Sedunia, YKWS: air untuk kesejahteraan masyarakat

“Pertimbangan kedua adalah kita pilih wilayah kawasan pesisir seperti Kotakarang dan Pasar Ambon karena juga menjadi locus stunting. Kita mendorong, tidak hanya Puskesmas, tapi masyarakat penggunanya juga lebih ditingkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS-nya,” kata Febrilia.

Masyarakat setempat, ke depan, diharapkan bisa menjadi natural leader yang memicu penyadartahuan masyarakat sekitarnya untuk berprilaku PHBS serta mendukung target Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Kota Bandarlampung.

“Sehingga 100% universal access di Kota Bandarlampung bisa tercapai di 2022 atau 2023,” kata dia.

Febrilia mengatakan Program WASH in HCF selain menyediakan layanan inklusif di Puskesmas juga turut mendorong upaya peningkatan akreditasi Puskesmas karena WASH in HCF merupakan bagian dari indikator peningkatan akreditasi Puskesmas yang saat ini disusun oleh Kementerian Kesehatan RI.

Baca Juga  YKWS dan Walhi Gelar Pelatihan Budidaya Lebah Madu Trigona
Edwin Rusli Sebut Bandarlampung Zona Merah
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, menghadiri acara WASH HCF di Ruang Kirana Lantai II Hotel Whiz Prime, Selasa (6/7). Foto: Netizenku.com

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, mengapresiasi YKWS dan SNV Indonesia Provinsi Lampung atas terselenggaranya Program WASH in HCF di Puskesmas kota setempat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada SNV yang telah ikut mendorong supaya ODF di Kota Bandarlampung mencapai 100% karena hanya Bandarlampung untuk wilyah kota yang belum 100% di Provinsi Lampung,” ujar dia.

Edwin Rusli menyampaikan 31 Puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan se-Bandarlampung sudah memiliki akreditasi madya dan purnama. Kategori akreditasi Puskesmas adalah tidak terakreditasi, akreditasi dasar, akreditasi madya, akreditasi utama, dan akreditasi purnama.

“Semua Puskesmas Rawat Inap sudah akreditasi purnama,” ujar Edwin.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan RI menyebutkan Puskesmas Rawat Inap di Kota Bandarlampung yaitu Puskesmas Gedongair, Puskesmas Kedaton, Puskesmas Kemiling, Puskesmas Kotakarang, Puskesmas Panjang, Puskesmas Permata Sukarame, Puskesmas Satelit, Puskesmas Simpur, Puskesmas Sukabumi, Puskesmas Sukamaju, Puskesmas Sukaraja, Puskesmas Way Halim II, Puskesmas Way Kandis. (Josua)

Berita Terkait

Ketua DPD Golkar Lampung Arinal Diganti, Ini Kata Sekretaris Ismet Roni
Arinal “Dicungkil’ DPP Golkar Tunjuk Plt Ketua Adies Kadir
Pj. Gubernur Lampung Ajak LKBN ANTARA Biro Lampung Tingkatkan Pemberitaan Potensi Ekonomi dan Pariwisata Daerah
Pj. Gubernur Lampung Ajak PWRI Lampung Berkolaborasi dalam Pembangunan Daerah
Pj. Gubernur Lampung Terima Audiensi PT. INHUTANI V Bahas Pengelolaan Hasil Hutan Non Kayu
Pj. Gubernur Lampung Buka Pekan Kebudayaan Daerah 2024, Dorong Pelestarian dan Inovasi Budaya Lampung
Sekdaprov. Lampung Buka Rapat Koordinasi Forum Penataan Ruang
Debat Pilgub Lampung, Arinal dan Sejarah Pengentasan Kemiskinan di Lampung

Berita Terkait

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:49 WIB

Keluarga Besar Sumatera Barat (KBSB) Dukung RMD

Jumat, 18 Oktober 2024 - 10:36 WIB

JPK DPW Lampung Laporkan Dugaan Tipikor Anggaran Hibah Kota Metro

Kamis, 17 Oktober 2024 - 21:59 WIB

Ratusan Warga Kresno Mulyo Tolak Pergantian Kadus Sepihak

Kamis, 17 Oktober 2024 - 20:11 WIB

Satlantas Polres Pringsewu Patroli di Titik Rawan Kemacetan dan Kecelakaan

Kamis, 17 Oktober 2024 - 19:51 WIB

Arinal “Dicungkil’ DPP Golkar Tunjuk Plt Ketua Adies Kadir

Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:40 WIB

Pj Bupati Lambar Janji Kembalikan Bantuan Seragam Gratis TA 2025

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:08 WIB

Kepala BPKAD Se-Provinsi Lampung Bentuk Forum

Kamis, 17 Oktober 2024 - 10:44 WIB

Kajari Tubaba: Pelaku Korupsi Musuh Bersama Perusak Sendi Pembangunan Bangsa

Berita Terbaru

Politik

Keluarga Besar Sumatera Barat (KBSB) Dukung RMD

Jumat, 18 Okt 2024 - 10:49 WIB

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Jumat, 18 Oktober 2024

Kamis, 17 Okt 2024 - 22:45 WIB

Pesawaran

Ratusan Warga Kresno Mulyo Tolak Pergantian Kadus Sepihak

Kamis, 17 Okt 2024 - 21:59 WIB