15 Tahun Tak Setor Dividen, PT AUTJ Berdalih Rugi

Leni Marlina

Jumat, 7 Juni 2024 - 08:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Direktur PT AUTJ Imron Saleh, saat diwawancarai usai melakukan pertemuan dengan asisten II dan instansi terkait, membahas nasib perusahaan plat merah itu kedepan, Kamis (6/6/2024). (Arj/NK)

Direktur PT AUTJ Imron Saleh, saat diwawancarai usai melakukan pertemuan dengan asisten II dan instansi terkait, membahas nasib perusahaan plat merah itu kedepan, Kamis (6/6/2024). (Arj/NK)

Tanggamus (Netizenku.com): Direktur PT Aneka Usaha Tanggamus Jaya (AUTJ), Imron Saleh buka suara. Usai menjadi perbincangan miring lantaran 15 tahun lebih beroperasi tak memberikan dampak apapun terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tanggamus.

Imron berkilah tidak setor dividen dikarenakan kondisi perusahaan yang dinilainya masih mengalami kerugian. Kerugian tersebut, kata Imron berasal dari warisan Direksi AUTJ sebelumnya yang mencapai Rp2 miliar.

Menurut dia, pemicu terjadinya kerugian AUTJ sebelumnya disebabkan tata kelola bisnis yang tidak berjalan optimal. Sehingga keuntungan yang diperoleh selama dia menjabat direktur pada tahun 2020 hanya untuk menutup kerugian.

“Kami baru bisa sebatas menekan kerugian. Kami memang masih merugi, tapi sudah bisa menekan kerugian. Artinya dari kerugian-kerugian sebelumya itu jika diakumulasi mencapai Rp2 miliar. Kalau terakhir kemarin kita tekan diangka Rp400 juta,” ujar Imron, usai menghadiri rapat di Ruang Asisten II, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga  Pemkab Tanggamus Biayai Pemulangan dan Pemakaman Jenazah Zainani

Terlebih, secara terang-terangan dia mengatakan bahwa semenjak menjabat Direktur AUTJ pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus tidak pernah memberikan penyertaan modal.

“Kalau di zaman saya belum pernah ada penyertaan modal. Memang di tahun 2021, kita dianggarkan di APBD senilai Rp800 juta, tetapi tidak jadi karena kondisi pandemi dan efisiensi,” ungkap Imron.

Diungkapkan Imron, sudah satu minggu ini pihaknya menghentikan operasional air kemasan Wayku dan SPBU 24.353.91 di Pekon Talagening.

Baca Juga  Disdukcapil Tanggamus Ujicoba Nomor Baru Pelayanan Adminduk

Dirinya berdalih, hal itu dilakukan karena terjadi kerusakan pada perangkat digital Four Court Controller (FCC) SPBU. Sementara penghentian operasional air kemasan Wayku karena dalam proses kepengurusan perizinan SNI.

“Kalau karyawan tetap yang dirumahkan itu 8 orang dan 25 orang dibebas tugaskan,” ujar Imron.

Sementara itu, untuk mengetahui seberapa besar permasalahan yang terjadi pada perusahaan plat merah tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus meminta Direksi PT AUTJ melakukan audit secara independen.

Pemkab memberikan ultimatum kepada direksi dan jajaran AUTJ untuk menyampaikan hasil audit eksternal dari kantor akuntan publik dalam tempo waktu satu bulan ke depan.

“Kami menunggu hasil audit AUTJ dari konsultan independen yang ada di Provinsi Lampung, dan satu bulan ke depan harus sudah ada hasilnya,” ujar Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan, Hendra Wijaya Mega.

Baca Juga  Masyarakat Kejayaan Siap Dukung Jamahat Mukhlisin Maju Pilkakon

Disinggung soal tidak adanya penyertaan modal yang diberikan Pemkab Tanggamus kepada AUTJ, dirinya menerangkan bahwa berdasarkan aturan, AUTJ terlebih dahulu harus memberikan hasil audit perusahaan dan melampirkan rencana bisnis perusahaan.

“Nah, kita tim TAPD yang lalu kenapa tidak ada penyertaan modal, angka itu tidak bisa berdasarkan usulan proposal. Harus berdasarkan hasil audit eksternal eksternal, jadi bukan audit internal inspektorat, harus audit eksternal. Maka itu kita tidak bisa memberikan kebutuhan perusahaan,” tandas Hendra. (Arj)

Berita Terkait

TNI-Polri Siap Amankan Kunjungan Presiden ke Tanggamus
Pj Bupati Tanggamus Kukuhkan 229 Kakon
Gangguan Teknis Server PDN Hambat Siskeudes Penggunaan Dana Desa
BNN Tanggamus Peringati Hari Anti Narkotika Nasional
DPRD Tanggamus Panggil Direksi AUTJ, Direktur Beberkan Fakta
Usai “Bersinar”, Rutan Kelas IIB Kotaagung Gelar Razia Kamar Hunian WBP
Sekretaris BKPSDM Tanggamus Belum Mengetahui Jadwal Rekruitmen PPPK
Tanggamus Sepakat Potongan PBB-P2 Akibat Dampak Covid-19 Dihentikan

Berita Terkait

Jumat, 12 Juli 2024 - 15:22 WIB

Tradisi Seharga Nyawa

Selasa, 9 Juli 2024 - 17:14 WIB

Tukang Fotokopi Pun Tahu Itu

Minggu, 7 Juli 2024 - 16:12 WIB

Jiwa Binatangnya Tertinggal

Minggu, 7 Juli 2024 - 10:50 WIB

Kala Timnas Pusat Singkirkan Saudara Muslim

Selasa, 2 Juli 2024 - 18:36 WIB

Masih Belum Puas Dijajah Selama 350 Tahun?

Minggu, 30 Juni 2024 - 15:21 WIB

Jurnalisme di Persimpangan

Berita Terbaru

E-Paper

Lentera Swara Lampung | Senin, 15 Juli 2024

Senin, 15 Jul 2024 - 02:48 WIB

Politik

Koalisi Partai Non Parlemen Tubaba Resmi Dukung NONA

Minggu, 14 Jul 2024 - 19:11 WIB

Sekretaris Disdkbud Lampung, Tommy Efra Hamdarta. (Foto: Ist)

Lampung

Disdik Lampung Klaim Tidak Ditemukan Kecurangan Saat PPDB

Minggu, 14 Jul 2024 - 17:06 WIB

Polres Lamteng meningkatkan kegiatan preventif seperti Patroli KRYD di lokasi yang dianggap rawan aksi kriminalitas, Minggu (14/7/2024). (Asep/NK)

Lampung Tengah

Cegah Kejahatan Jalanan, Patroli KRYD Polres Lamteng Ditingkatkan

Minggu, 14 Jul 2024 - 16:49 WIB