oleh

Zaiful Minta Masyarakat Tak Anarkis

Lampung Timur (Netizenku): Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berharap kepada masyarakat agar mengutamakan musyawarah dan mufakat sebelum bertindak anarkis yang dapat merugikan pihak lain.

Hal itu dikatakan Plt Bupati Lamtim Zaiful Bukhori dalam menyikapi adanya gejolak masyarakat Desa Negarabatin, Kecamatan Jabung, Lampung Timur dengan PT Austasia Stockfeed dan Polsek Jabung pada pada Sabtu, 17 Maret 2018 lalu.

Zaiful mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lamtim telah melakukan rapat internal terkait hal tersebut, dan pada rapat tersebut sudah ada kejelasan yang disampaikan oleh Camat Jabung. Di mana ada beberapa permintaan yang disampaikan masyarakat Jabung ke pemerintah kabupaten dan juga DPRD Lamtim.

Baca Juga  Zaiful Ajak Masyarakat Lamtim Bersatu Perangi Narkoba

Yang pertama, masyarakat Jabung meminta supaya status tersangka Kades Negarabatin Mansur Syah dapat ditinjau kembali. Karena masyarakat menganggap bahwa hal ini sudah diselesaikan dan surat keterangan tanah yang diberikan sudah dicabut kembali.

\”Kemudian yang ke dua, persoalan masyarakat dengan PT Austasia Stockfeed, karena ada pengaduan masyarakat tentang lingkungan, maka saya sudah memerintahkan agar dinas Lingkungan Hidup dan juga pihak-pihak terkait agar melihat secara langsung kondisi yang ada di lapangan seperti apa. Dan langkah ini tentu akan kita kordinasikan terlebih dahulu dengan masyarakat, sehingga agar tidak menimbulkan gejolak dimasyarakat, sebelum kita melangkah maka kita akan kordinasikan terlebih dahulu,\” ungkapnya usai menghadiri rapat paripurna DPRD Lamtim, Selasa (20/3).

Baca Juga  Zaiful Buka Musrenbang Kecamatan 2020

Zaiful mengatakan, masalah SKT yang dikeluarkan Kades diatas lahan perusahaan tersebut sudah dibatalkan. Namun kalau ada hal-hal lain yang diluar sengketa lahan PT Austasia Stockfeed tersebut, maka itu di luar kewenangannya. Tentunya masyarakat harus bersedia diproses sesuai dengan aturan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Namun dalam hal ini, apapun permasalahannya kita mendorong agar melakukan musyawarah terlebih dahulu, apabila tidak bisa diselesaikan secara musyawarah makan baru ditempuh jalur hukum. \”Namun yang pasti, pemerintah kabupaten akan selalu siap untuk memfasilitasi permasalahan yang ada dimasyarakat Jabung tersebut,\” ungkapnya.

Baca Juga  Zaiful Ajak Masyarakat Jaga Aset Budaya

Sementara itu, Ketua DPRD Lamtim Ali Johan Arif berharap agar seluruh masyarakat dapat menjaga situasi yang kondusif sehingga kenyamanan lingkungan dapat terjaga.

\”Kita berharap agar semua permasalahan yang ada di masyarakat kiranya dapat diselesaikan dengan arif dengan mengutamakan musyawarah, dialog dan menghindari hal-hal yang sifatnya anarkis. Yang jelas apapun permasalahan yang terjadi di masyarakat Jabung kita harapkan dapat dimusyawarahkan terlebih dahulu, baik itu bersama Pemda Lamtim, Polres atau DPRD Lamtim, sehingga dapat duduk bersama untuk dapat mencari solusi yang terbaik,\” jelasnya. (Nainggolan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *