oleh

UKM Harus Manfaatkan Pembangunan

Liwa (Netizenku.com): Pembangunan dalam berbagai bidang yang dilakukan Pemkab Lampung Barat, terutama destinasi wisata, seperti Kebun Raya Liwa  (KRL), Taman Kota Hamtebiu, serta berbagai destinasi lain, diharapkan dimanfaatkan UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Asisten II Setkab Lampung Barat Nata Djudin Amran, mengatakan pembangunan di Lampung Baratmerupakan fasilitas yang dibangun termasuk untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. \”Saat ini, wisatawan yang berkunjung ke KRL dan Hamtebiu serta berbagai destinasi lain di Lampung Barat, diharapkan meningkatkan ekonomi rakyat,\” kata Nata Djudin, Minggu (16/12).

Baca Juga  Operasi Keselamatan Krakatau 2021 Dimulai, Polres Lambar Gelar Apel

Terutama kata dia, bagi UKM yang menghasilkan produk seperti souvenir atau produk lain, bisa menjalin komunikasi dengan UPTD KRL dan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, untuk mengetahui wilayah mana saja di lokasi tersebut yang dapat digunakan untuk membuka kios.

“UKM atau masyarakat yang menghasilkan produk seperti souvenir atau yang lain, bisa saja bertanya langsung dengan UPTD KRL dan Dinas Porapar, meminta penjelasan dimana lokasi yang bida dipergunakan untuk berdagang atau membuka kios, jadi wisatawan yang datang bisa mendapatkan oleh-oleh khas Lampung Barat termasuk kopi yang menjadi komoditas andalan Lampung Barat,\” kata dia.

Baca Juga  Parosil Terima Adhitya Karya Mahatya Yohda Award 2018

Tetapi kata Nata Djudin, pihaknya meminta baik UKM maupun masyarakat yang memanfaatkan fasilitas tersebut, untuk menjaga tempat serta peduli dengan menjaga kebersihan, dengan demikian wisatawan yang datang akan merasa betah serta terkesan dengan keramahan masyarakat Lampung Barat.

Terkait dukungan Pemkab Lampung Barat, untuk pengembangan UKM, berbagai fasilitas sudah dikucurkan, seperti mengirim UMK untuk belajar membuat produk kerajinan, menyalurkan permodalan, memfasilitasi hubungan dengan Perbankan, pensertifikatan produk, serta peralatan pendukung pengembangan usaha.

Baca Juga  Bupati Bersama Wabup Respon Cepat Bencana

\”Untuk itu seluruh fasilitas yang disiapkan dan dikucurkan, akan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, dalam menuju Lampung Barat sebagai kabupaten Hebat,\” tandas Nata Djudin. (iwan)

Komentar